Blog Tribunners

Inilah Hal yang Dapat Memicu Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang harus diwaspadai. Gangguan ini dicirikan dengan kualitas emosi yang menurun.

Inilah Hal yang Dapat Memicu Gangguan Bipolar
net
Ilustrasi 
Inilah Hal yang Dapat Memicu Gangguan Bipolar

TRIBUNNERS - Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang harus diwaspadai. Gangguan ini dicirikan dengan kualitas emosi yang menurun. 

Penderita Bipolar biasanya tidak memiliki kendali emosi yang baik, dalam satu waktu perubahan emosi bisa terjadi sangat cepat, seperti senang dan sedih bisa berubah dalam waktu satu menit saja. 

Perubahan yang sangat drastis inilah yang kadang menggangu aktivitas sehari seperti bekerja, belajar atau bermain. 

Para ahli belum bisa memstikan secara tepat tentang penyabab utama gangguan ini, namun banyak teori yang bisa menjadi rujukan para penelti saat ini salah satunya ialah karena ketidakseimbangan zat kimia di otak. 

Dilansir dari Thealternativedaily.com, Berikut beberpa pemicu lain dari terjadinya gangguan bipolar pada seseorang.
1 Hormon yang berfluktuasi
Ketidakseimbangan hormon dapat bertindak sebagai pemicu dari gangguan bipolar. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga keseiimbangan hormon tubuh anda. 

Tanda-tanda ketidakseimbangan hormon biasanya ditandai seperti PMS parah, perubahan suasana hati yang cepat, berat badan yang terus berubah ubah, insomnia, depresi dan kelelahan hebat. 
2 Stress

Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres atau terkenan, entah karena pekerjaan. tugas sekolah atau hal lainnya. 

Jika hal ini sring terjadi sebaiknya lakukan kegiatan yang bisa menghilnagkan stres yang anda alami, jangan sampai stres berlanjut menjadi stres kronis karena dapat memicu terjadinya gangguan bipolar. 

3 Trauma Berat

Sesuatu yang buruk memang bisa menjadi trauma yang berkepanjangan, nah trauma yang sepertinalah yang berpotensi memicunya gangguan bipolar

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help