Blog Tribunners

Atasi Luka Lambung Secara Alami Lewat Konsumsi Madu

Mengapa banyak orang sekarang menderita sakit maag dan terkena tukak lambung? Berikut penjelasannya

Atasi Luka Lambung Secara Alami Lewat Konsumsi Madu
Shutterstock
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - Mengapa banyak orang sekarang menderita sakit maag dan terkena tukak lambung?
Pola makan yang tidak teratur, kesukaan yang berlebihan terhadap makanan yang asam-asam, pedas-pedas, atau suka meminum alkohol, dan stres, adalah beberapa di antara penyebab sakit maag. Semua itu sangat berpotensi membuat lambung mengalami pelukaan.
Ini menimbulkan rasa sakit. Apalagi kalau perut mulai kosong. Adanya gangguan sistem tersebut cenderung menyebabkan terjadinya berbagai penyakit lain. Salah satunya adalah tukak lambung.
Menurut Rush, seorang peneliti kesehatan Barat, dalam tubuh manusia terdapat radikal bebas. Senyawa ini sangat reaktif mengatalisis reaksi oksidasi dan reduksi. Kadangkala, akibat mengonsumsi makanan tertentu, secara tak sengaja kita telah memicu terbentuknya radikal bebas itu, yang dapat menyerang berbagai substrat dalam tubuh, seperti lemak, asam nukleat, dan protein.
Jika tak dikendalikan, ini akan memicu berkembangnya berbagai penyakit kronis lain. Inilah salah satunya yang perlu diwaspadai oleh penderita sakit maag.
Oleh sebab itu, salah satu yang perlu dilakukan penderita adalah mengonsumsi senyawa antioksidan. Di mana senyawa itu banyak terdapat? Di dalam madu, misalnya.
Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di majalah Pharmacolres tahun 2001, para peneliti menyatakan bahwa madu bisa membantu pengobatan infeksi lambung.
Mereka juga melakukan penelitian tentang pangaruh madu alami terhadap bakteri yang terbukti bisa menyebabkan terjadinya tukak lambung atau infeksi lambung, yang dikenal dengan bakteri philory. Dijelaskan bahwa pemberian cairan madu dengan konsentrasi 20% dapat melemahkan bakteri tersebut.
Untuk mengkonsumsinya, parut 2 3 ruas kunyit sampai halus kemudian seduh 3 sendok makan air panas. Aduk dan peras, lalu campur air perasan tersebut dengan madu. Minumlah selama 3 hari sebanyak 2 kali sehari.

Selengkapnya

Penulis: rinda septiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved