Blog Tribunners

Tips Memilih Jaket untuk Outdoor

Bagi para pecinta hiking ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari jadwal, peralatan sampai dengan bekal, namun ada satu hal yang kurang di

Tips Memilih Jaket untuk Outdoor
IST
Ilustrasi jaket 
TRIBUNNERS - Bagi para pecinta hiking ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari jadwal, peralatan sampai dengan bekal, namun ada satu hal yang kurang di perhatikan dari pada yang lain.
Yakni jaket yang akan dipakai dan di persiapkan selama pendakian. Tahukah anda bahwa banyak hikers yang berpendapat memperhatikan pakaian adalah hal terakhir yang harus diperhatikan, banyak hikers yang lebih peduli dengan ransel dan bekal makanan dari pada jaket. 
Padahal jaket outdoor atau hiking sama pentingnya, bahkan memegang peranan penting dalam perjalanan hiking. Berikut tips bagaimana memilih jaket untuk hiking.
Material Ada banyak material untuk pakaian hiking namun, yang terbaik adalah pakaian hiking yang terbuat dari material sintetik, karena bahan sintetik akan tetap kering selama perjalanan anda mendaki.
Pastinya banyak hikers yang sekadar membawa jaket berbahan cotton atau wool bahkan sweater padahal, jaket biasa akan menjadi lembab saat anda berkeringat dan basah bahkan pada saat anda tengah beristirahat.
 Maka dari itu disarankan untuk mencari jaket dari material taslan, apa itu material taslan? Sejenis material yang kerap digunakan pada water proof jacket atau jaket anti air.
 Perbedaan bahan taslan dari parasit yang kerap digunakan sebagai material anti air adalah, bahan taslan jauh lebih lembut dan tebal. Jaket hiking dari material taslan pun jauh lebih kuat menahan angin dan hawa dingin dari pada material parasut, kelebihan lain dari materian taslan adalah jauh lebih cepat kering.
Desain dan Warna Mengapa desain dan warna pada jaket hiking menjadi penting?
Desain jaket hiking yang serbaguna seperti memiliki hoodie dan kantung tentunya akan menolong pendakian anda, jaket hiking dengan desain serbaguna mempermudah saat anda berada dalam kondisi tertentu.
Sementara jaket hiking dengan warna mencolok amat disarankan, agar anda mudah terlihat oleh anggota pendakian yang lain dan membuat anda gampang tertangkap mata dari kejauhan, maka dari hindari jaket hiking dengan warna gelap atau menyatu dengan alam, kecuali jika anda hendak berburu.
Jangan memilih jaket hiking dengan ukuran yang terlalu pas dengan tubuh, karena anda membutuhkan banyak ruang untuk bernapas saat diketinggian tertentu.
Jaket hiking yang terlalu pas pun menghalangi gerakan saat anda mendaki, serta saat anda berkeringat banyak akan terasa amat tidak nyaman.
Jadi memilih jaket hiking berbahan taslan dengan desain dan warna yang menarik adalah keputusan yang bijak dan tidak perlu khawatir harus merogoh kantung dalam, sebab banyak jaket hiking dengan material taslan produksi dalam negeri, seperti halnya jaket hiking dari Cozmeed. 
 

Selengkapnya

Penulis: Mutiara Permatasari
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help