Bandung Techno Park Raih Anugerah Widya Kridha 2017

Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dalam puncak perayaan Hari Kebangkitan Teknologi

Bandung Techno Park Raih Anugerah Widya Kridha 2017
Istimewa
Direktur Bandung Techno Park (BTP) Adiwijaya (Kanan) menerima penghargaan Anugerah Iptek Widya Kridha Tahun 2017 dari pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 

TRIBUNNERS - Bandung Techno Park (BTP) menerima penghargaan Anugerah Iptek Widya Kridha Tahun 2017 dari pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Baca: DPR Sibuk Persiapan Rapat Paripurna Tahunan

Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dalam puncak perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Makasar, pada Kamis (10/08) lalu.

Direktur BTP Adiwijaya mengatakan bahwa, Anugerah Widya Kridha merupakan apresiasi untuk lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dedikasi dan kontribusinya dalam penguatan inovasi di masyarakat.

“Dasar penilaian Anugerah Iptek Widya Kridha meliputi kualitas perencanaan dalam menggerakkan dan mendukung inovasi, kapasitas SDM atau kompetensi dalam mendukung inovasi, infrastruktur, sarana prasarana, metode kerja, pembinaan dan penguatan budaya inovasi, sistem informasi atau dokumentasi, serta hasil inovasi," kata Adiwijaya seperti terlampir dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Selasa (15/8/2017).

BTP yang diresmikan oleh Menteri Perindustrian pada 19 Januari 2010 berada di Kawasan Pendidikan Telkom, Bandung Selatan. BTP berperan sebagai intermediator dan pembangun sinergi antara Academic, Business, and Government atau Triple Helix A-B-G.

"Saya sangat bersyukur atas penghargaan ini, dan dengan penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan, namun juga menjadi tanggung jawab dalam mengemban amanah untuk penguatan inovasi demi tercapainya percepatan pertumbuhan ekonomi kawasan dan pencapaian daya saing bangsa Indonesia," ujar Direktur BTP Adiwijaya.

Dalam perjalanannya, BTP berperan dalam memfasilitasi Riset dan Pengembangan Produk, Inkubasi dan Akselerasi Startup, Industrial Cluster, serta melayani Solusi Teknologi, Pelatihan dan Konsultasi.

Sinergi dan dukungan Telkom University dan lembaga-lembaga di bawah Yayasan Pendidikan Telkom semakin memperkokoh positioning BTP.

Adiwijaya menambahkan bahwa BTP bertekad untuk menciptakan Good Corporate Governance dengan mengimplementasikan nilai budaya solid, inovative, and sustainable.

BTP memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan beberapa infrastruktur yang berdiri di atas kawasan seluas 5,5 hektar, seperti: Management Center, Business Center, Startup Center, dan Innovation Center berupa fasilitas laboratorium dan perangkat hardware dan software.

Pembentukan budaya inovasi di lingkungan BTP dilakukan dengan pembentukan klaster industri berbasis inovasi, research and business secara berkelanjutan, dan mengembangkan startup di bidang teknologi informasi.

Beberapa hasil inovasi yang sudah dikomersialisasikan dan digunakan oleh masyarakat antara lain Studia (e-learning platform), LoraID (Long Range Identification System) – Presence Management, Pentesting (Penetration Testing), Pilkada CAKEP (Cepat Akurat Kredibel Efektif Profesional), Mobile Presence System, Production Line Counter, Automated Guide Vehicle, Mobitick (Bus Ticketing System), uKit (Microcontroller Training Kit), Posture Check, Knowledge Management System, Dashboard Monitoring System, dan lain-lain.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved