Tribunners / Citizen Journalism

Pilkada Jawa Barat

Survei INES: Deddy Mizwar Pejabat Jujur di Jawa Barat

Indonesia Network Election Survei (INES) menggelar riset jelang pelaksanaan Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Survei dilakukan untuk mengetahui tingk

Survei INES: Deddy Mizwar Pejabat Jujur di Jawa Barat
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menerima sebuah golok dari Budayawan Jawa Barat, Abah Encep Erom pada acara Deklarasi Laskar Naga Bonar di Grand Asrilia Hotel, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Minggu (23/7/2017). Laskar Naga Bonar mendukung Deddy Mizwar agar maju menjadi calon gubernur Jawa Barat 2018 mendatang. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Network Election Survei (INES) menggelar riset jelang pelaksanaan Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat elektabilitas dari 5 tokoh yang digadang-gadang akan meramaikan pesta rakyat lima tahunan itu.

Survey melihat Wakil Gubernur Jabar saat ini Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat Dede Yusuf, dan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka.

Direktur Eksekutif INES, Sutisna mengatakan bahwa survei yang digelar dari tanggal 19 sampai 30 Agustus lalu, meliputi 27 kabupaten/Kota di Jawa barat.

Survei ini melibatkan 1.985 responden yang dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling.

"Hasilnya, lanjut Sutisna, Deddy Mizwar memiliki tingkat popularitas yang paling tinggi dengan 79,2 persen, Rieke Dyah Pitaloka 70,2 persen, Dede Yusuf 70,1 persen, Dedi Mulyadi 56,7 persen, dan Ridwan Kamil 53,8 persen," ujar Sutisna, Jumat (8/9/2017).

Survei juga kata Sutisna mencari tahu tentang tingkat kapabilitas. Dedi Mizwar kembali menenpati urutan teratas dengan 82,4 persen responden yang menganggap dia mampu pimpin Jabar. Disusul Rieke Dyah Pitaloka dengan 75,2 persen.

"Dedi Mulyadi dengan 73,5 Persen, Dede Yusuf 70,7 persen dan terakhir Ridwan Kamil dengan 67,9 persen jawaban responden," lanjutnya.

Kemudian tingkat akseptabilitas. Dedy Mizwar dianggap mampu merangkul dan berdiri diatas semua golongan sebanyak 89,3 persen, Rieke Dyah Pitaloka 70,2 persen, Dede Yusuf 68,2 persen, Dedi Mulyadi 67,4 persen dan Ridwan Kamil hanya 64,3 persen.

Lanjut ke tingkat Integritas para tokoh. Indikatornya adalah bermoral, satu dalam kata dan perbuatan, bersih dari cacat moral, etik dan hukum.

Lagi-lagi, Dedi Mizwar dinilai sebagai tokoh yang paling berintegritas paling tinggi dengan 89,3 persen. Selanjutnya Dedi Mulyadi 71,2 persen, Dede yusuf 69,4 persen, Rieke Dyah Pitaloka 67,2 persen, serta Ridwan Kamil dengan 65,2 persen reponden.

Padahal terakhir, beber Sutisna, yakni siapa dari kelima tokoh yang dianggap paling jujur, amanah dan bisa dipercaya. Seperti sebelumnya, Dedi Mizwar kembali menjadi jawara.

Pemain film ini memperoleh 88,3 persen, Dedi Mulyadi, 72,5 persen responden, Dede Yusuf dengan 67,3 persen, Rieke Dyah Pitaloka 65,9 persen dan terakhir Ridwan Kamil 61,4 persen.

"Penilaian tentang sifat para tokoh sangat penting sebagai tolok ukur masyarakat menentukan pilihannya," pungkasnya.

Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help