Blog Tribunners

Pantangan Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit darah tinggi adalah situasi dimana terjadi peningkatan tekanan darah di atas ambang normal

Pantangan Makanan Untuk Penderita Hipertensi
obatkankerparuparu.org
Hipertensi Paru
TRIBUNNERS - Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit darah tinggi adalah situasi dimana terjadi peningkatan tekanan darah di atas ambang normal 120/80 mmHg, batas tekanan darah masih dianggap normal ± 130/85 mmHg.
Jika tekanan darah melebihi batas 140/90 mmHg jika tidak hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi atau penyakit darah tinggi adalah penyakit pembunuh sillent (silent killer).
Memiliki penyakit darah tinggi membuat kita harus tahu makanan tekanan darah tinggi yang harus dihindari.
Penyakit darah tinggi adalah penyakit yang sudah kita kenal di telinga kita. Penyakit ini begitu banyak diderita orang dewasa hingga orang tua. Penyakit ini bisa menimbulkan banyak komplikasi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke dan bahkan penyakit mata.
Mengingat begitu banyak komplikasi yang bisa terjadi, mengetahui tekanan darah tinggi bisa membantu kita melawan penyakit ini.
Maka dari itu kita harus menjaga pola makan kita dengan cara menghindari makanan yang sudah menjadi pantangan bagi penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Simak penjelasan mengenai makanan yang menjadi pantangan bagi penderita hipertensi :
 1. Garam
Garam merupakan salah satu pantangan yang utama bagi penderita hipertensi, dari kandungan garam yang banyak di dalam darah penderita darah tinggi akan menyebabkan kenaikkan tekanan darah yang disebabkan oleh sifat garam yang dapat menarik air. Namun bukan berarti kita tidak boleh makan garam sama sekali.
2. Makanan Berlemak Jenuh
Saat ini banyak sekali makanan enak yang mengandung lemak jenuh, dari secara prinsip semua makanan yang digoreng menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur ini yaitu makanan dengan lemak jenuh.
Lemak sapi juga menganadung banyak lemak jenuh, termasuk juga dari susu full cream, keju, kuning telur, donat, serta kulit ayam dan jeroan.
3. Makanan Kemasan Dalam Kaleng
Mungkin makanan kemasan dalam kaleng seperti makanan yang memakai bahan pengawet dan makanan kaleng ini  terbuat dari substansi yang membentuk garam.
Alasan inilah yang membuat makanan kaleng tidak begitu asin, namun berhati-hatilah karena kadar garam yang di kandungnya tetap tinggi.
4. Mie instan
Jenis makanan ini akan menjadi teman sejati ketika anda saat lapar, tidak memiliki uang dan tidak ingin memasak makanan yang rumit. Tapi hati-hati dengan mi instan yang mengandung garam tinggi. Selain garam, mi instan juga mengandung banyak lemak dan kalori yang bisa meningkatkan berat badan Anda.
Padahal berat badan ideal adalah salah satu program menurunkan berat badan. Satu bungkus mi instan saja bisa berbahaya, terutama saat dimakan dalam jumlah banyak. Mie instan merupakan penghalang darah tinggi yang harus dihindari.
5. Makanan Yang Mengandung Gula
Gula atau segala jenis makanan manis sebenarnya juga dilarang bagi penderita tekanan darah tinggi. Makanan manis bisa meningkatkan kadar gula darah dan berat badan. Jika konsumsi gula atau makanan manis berlebih bisa meningkatkan risiko tersumbatnya pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
6. kopi
Kopi adalah minuman yang mengandung kafein dan bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan kebiasaan minum kopi terlalu sering juga akan menyebabkan peningkatan tekanan darah dengan sangat cepat.
Itulah ringkasan yang mengenai Makanan Pantangan Bagi Penderita Hipertensi agar anda bisa menjaga atau memperhatikan kembali dari makanan yang anda konsumsi. Dan selalu harus menghindari makanan yang telah dilarang bagi penderita hipertensi.

Selengkapnya

Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help