Blog Tribunners

Makanan Jadi Pantangan Ketika Anda Terserang Flu

Flu atau influenza adalah penyakit menular yang umum disebabkan oleh virus. Flu sering salah dianggap seperti pilek biasa karena mempunyai gejala-geja

Makanan Jadi Pantangan Ketika Anda Terserang Flu
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - flu atau influenza adalah penyakit menular yang umum disebabkan oleh virus. Flu sering salah dianggap seperti pilek biasa karena mempunyai gejala-gejala yang sama. Namun, virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek dan flu cenderung lebih serius. Padahal, flu berat bisa memicu kondisi yang lebih parah dan bahkan mengakibatkan kematian akibat komplikasi. Tipe lain dari flu adalah flu babi (HIN1), flu burung (H5N1, H7N9), dan lain-lain.
Ada Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Saat Flu Karena Bisa Memperparah Penyakit.
1. Makanan Pedas dan Asam
Makanan dengan rasa yang pedas bisa memperparah rasa sakit di tenggorokan. Karena itu berhentilah makan makanan pedas sampai sembuh, termasuk pala, cabai, dan merica. Begitu juga dengan makanan dengan rasa yang asam bisa memberikan efek sama, seperti lemon dan orange.
2. Makanan Yang Digoreng
Makanan yang di peroses melalui pengorengan tidak baik jika di konsumsi terlalu banyak, apalagi saat flu. Lemak pada makanan gorengan bisa menurunkan pencernaan sehingga menjadi lebih lambat. Ini cukup berbahaya bagi penderita flu karena virus yang ada di dalam tubuh juga akan bertahan lebih lama.
3. Minuman Kopi
Pada saat terkena flu, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Karena itu, sebaiknya hindari minum kopi saat flu sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ganti dengan minum air putih minimal sehari 2 liter.
4. Makanan Yang Berlemak
Makanan yang memiliki banyak kandungan lemak seperti daging dan makanan cepat saji mengurangi kemampuan tubuh untuk mengusir penyebab flu, sehingga flu tidak kunjung sembuh atau reda. Pilih sayuran dan protein nabati untuk menggantikan daging.
5. Minuman Susu
Selain kafein atau kopi, minuman yang tidak disarankan saat flu yaitu susu, meski susu merupakan minuman sehat dalam kondisi normal, namun ternyata susu bisa menambah dahak saat flu sehingga tenggorokan menjadi lebih gatal. Susu juga bisa menghasilkan lendir di paru-paru yang merupakan tempat subur bagi virus untuk bertahan lebih lama. Air hangat lebih dianjurkan untuk menghangatkan tubuh saat flu.
Demikianlah penjelasan yang dapat sampaikan mengenai makanan yang perlu dihindari pada saat flu semoga bermanfaat.

Selengkapnya

Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help