Tribunners / Citizen Journalism

Theraplay untuk Kesehatan Mental Keluarga Indonesia

Theraplay berdasarkan pada bentuk alami interaksi yang sehat dan menyenangkan antara orang tua dan anak, interaksi tersebut juga melibatkan kegiatan..

Theraplay untuk Kesehatan Mental Keluarga Indonesia
net
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, pemerintah membentuk berbagai lembaga untuk mendukung pelayanan kesejahteraan bagi masyarakat.

Satu di antaranya adalah Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS).

Pusat Pengabdian pada Masyarakat Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UMB dan beberapa PPKS di Kelurahan Kamal, Tegal Alur, Cengkareng Timur dan Palmerah telah melaksanakan kegiatan Theraplay di lingkungan PPKS.

Theraplay adalah bentuk intervensi psikologis bagi anak dan keluarga untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri, rasa percaya di antara sesama anggota keluarga melalui interaksi yang menyenangkan.

Theraplay berdasarkan pada bentuk alami interaksi yang sehat dan menyenangkan antara orang tua dan anak, interaksi tersebut juga melibatkan kegiatan fisik.

Kegiatan Theraplay dimulai pada bulan Februari hingga November 2017. Melalui kegiatan ini, pada awalnya banyak orang tua yang berkeluh kesah dan bingung dalam menghadapi anak yang tantrum, yang akhirnya berujung pada kemarahan kepada anak.

Hal ini juga menyebabkan anak kurang bahagia dan terganggu kesehatannya jika sering dimarahi.

Nah, melalui materi Theraplay inilah orang tua diharapkan menjadi lebih berwawasan dalam mengontrol emosi terkait pengasuhan anak balita, remaja, maupun lansia.

Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat UMB Dr Inge Hutagalung, M.Si menegaskan bahwa output dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui edukasi bagi bina keluarga balita, bina remaja hingga keluarga lansia.

Pengirim: UMB

Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved