Blog Tribunners

Enam Cara Ini Bantu Cegah dan Atasi Sembelit

Frekuensi buang air besar yang normal adalah 3 kali dalam seminggu, jika kurang dari itu maka seseorang bisa dikatakan menderita kesulitan BAB

Enam Cara Ini Bantu Cegah dan Atasi Sembelit
ISTIMEWA
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - Frekuensi buang air besar yang normal adalah 3 kali dalam seminggu, jika kurang dari itu maka seseorang bisa dikatakan menderita kesulitan BAB atau sering pula dikenal dengan sembelit.  

Penyebab sembelit utamanya ialah gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang makan makanan yang tinggi serat, selain itu semeblit juga bisa disebabkan oleh kebiasaan minum obat tertentu. Contohnya obat tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan feses mengeras didalam usus sehingga akan sulit terbuang. 

Nah saat menderita sembelit tentu bukan hal yang mengenakan, saat kamu menderita sebelit berikut ada cara mengatasinya dan juga cara mencegah semeblit kembali lagi. Berikut Tipsnya seperti dilansir dari Women s Health. 

1 Minum Banyak air putih

Cara pertama untuk mengatasi semebelut secara alami ialah dengan minum air putih lebih banyak. Dehidrasi juga bisa menyebabkan feses mengeras di usus. Untuk mengatasinya anda perlu minum banyak air putih. 

2 Minum pencahar

Cara kedua mengatasi sembelit tentu dengan obat pencahar, ada dua jenis obat pencahar ada yang langsung diminum secara oral adapula yang dimasukan kedalam anus. Cara ini perlu resep dokter., biasanya cara ini dipilih jika semeblit sudah masuk ketahap yang paling sulit. 

3 Makan makanan berserat tinggi

Makan makanan tinggi serat juga bisa membantu menyembuhkan sembelit, makanlah makanan yang tinggi serat yang bersumber dari sayur, buah dan biji-bijian. Hindari serat dari daging karena ini malah akan membuat anda bertambah kesulitan saat buang air besar, daging biasanya perlu waktu lama untuk dicerna. 

4 Berloharaga secar rutin

Agar semeblit tidak datang kembali, anda juga wajib melakukan olahraga. Olahraga seperti melompat tinggi atau melakukan olahraga lari bisa membantu siklus BAB kamu. Olahraga ini sangat baik dalam memperbaiki otot di usus anda. 

5 Makan makanan yang menguatkan usus

Yogurt makanan berfermentasi sangat baik dalam menjaga kesehatan usus. Anda perlu rutin makanan jenis ini agar usus anda terjaga kesehatannya. 

6 Pilih toilet Jongkok

Pilihlah toilet jongkok ketimbang toilet duduk, toilet jongkok sangat disarankan karena membuat aliran feses dari usus bisa lebih mudah keluar. Toilet jongkok juga bisa membuat kesehatan usus lebih terjaga.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help