Blog Tribunners

Awas! 5 Kebiasaan Sepele Ini Sama Buruknya dengan Merokok

Kebiasaan merokok termasuk dalam kebiasaan yang merusak kesehatan kamu. Namun, tanpa disadari banyak orang yang melakukan kebiasaan sepele lainnya...

Awas! 5 Kebiasaan Sepele Ini Sama Buruknya dengan Merokok
WEST-INFO.EU
Merokok. 

TRIBUNNERS - Kebiasaan merokok termasuk dalam kebiasaan yang merusak kesehatan kamu.

Namun, tanpa disadari banyak orang yang melakukan kebiasaan sepele lainnya yang ternyata sama buruknya dengan kebiasaan merokok. Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Men s health.

1. Duduk Sepanjang hari

 

Duduk terlalu lama juga bisa membahayakan kesehatan kamu. Entah itu duduk di meja kerja, duduk di mobil atau tempat lainnya.

Jika terlalu lama dalam keadaan ini menurut studi dari Health Services-Cancer Care dari Kanada bisa meningatkan risiko kanker Payudara, prostat.

Pastikan untuk istirahat sejenak dengan berjalan ringan saat bekerja, anda juga sebaiknya menggunakan kendaraan umum agar membuat anda bisa lebih aktif berjalan dan bergerak. 

2. Makan daging terlalu banyak

Sebuah studi dari University of Southern California yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism baru-baru ini menemukan bahwa orang-orang yang rutin dan sering makan protein tinggi yang bersumber dari daging merah selama usia pertengahan empat kali lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker dan ini sebanding dengan kebiasaan merokok.

Protein hewani bisa meningkatkan hormon yang dapat meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker. Untuk itu ayo beralih dengan sumber protein nabati semisal kacang-kacangan dan sayur, makanan tersebut lebih sehat dari protein dari daging. 

3. Memasak dengan gas alam

 

Menggunakan kompor gas ternyata sama bahaya seperti merokok, karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan formaldehid ternyata bisa terkontaminasi masakan yang anda masak.

Untuk itu anda perlu memperhatikan ventilasi dapur anda agar sirkulasinya lebih lancar. Jika anda ingin lebih aman dari kontaminasi 3 zat tadi, anda harus beralih menggunakan kompor elektrik yang memiliki keamanan lebih tinggi. 

4. Menggunakana minyak yang salah

 

Minyak untuk menggoreng pun ternyat bisa merusak kesehatan, minyak goreng dengan kualitas rendah akan melepaskan partikel aldehida dan hidrokarbon polisiklik, dimana senyawa ini juga ditemukan dalam asap rokok yang bisa merusak saluran napas peradangan. 

5. Tidak cukup tidur

 

Kurang tidur memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Satu studi bahkan menemukan bahwa tidak tidur enam atau tujuh jam perhari bisa menyebabkan kematian lebih tinggi setara dengan kebiasaan merokok.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help