Blog Tribunners

Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Tifus

Tifus merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang erat kaitannya dengan makanan, sehingga penting diketahui...

Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Tifus
net
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Tifus merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang erat kaitannya dengan makanan, sehingga penting diketahui apa saja makanan untuk penderita tipes agar mempercepat kesembuhannya.

Sebab jika penderita tipes salah dalam memilih makanan maka  berpotensi mengalami kekambuhan yang dapat menyebabkan penderita dirawat kembali di rumah sakit. Penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang angka kejadiannya masih tinggi di Indonesia.

Penyakit ini termasuk penyakit menular dan dapat diderita oleh siapa saja, dari bayi sampai orang tua. Dalam bahasa medis penyakit tipes disebut sebagai demam typhoid.

Penyakit tipes merupakan penyakit radang pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi.
Karena yang diserang adalah usus halus, maka penderita tipes sangat sensitif terhadap makanan, artinya kalau tidak hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi maka penyakitnya akan lebih lama dalam proses penyembuhannya atau dapat juga kambuh lagi.
Oleh karena itu pilihlah jenis makanan yang memang dianjurkan untuk penderita tipes yang akan membantu memulihkan kondisinya dan mempercepat kesembuhannya.
Beberapa jenis makanan untuk penderita tipes yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain sebagai berikut:
 Makanan dengan tekstur lunak

Makanan untuk penderita tipes yang paling baik yaitu makanan dengan tekstur yang lembut/lunak. Hal ini dikarenakan supaya bagian usus mudah mencerna dan tidak bekerja terlalu berat.

Walaupun lunak, makanan tersebut hendaknya memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh penderita tipes agar kondisi bandannya cepat pulih. Makanan tersebut hendaknya juga mempunyai kandungan cukup kalori yang memberikan energi/tenaga pada penderita tipes.

Jenis makanan lunak yang dapat diberikan kepada penderita tipes antara lain yaitu bubur yang dimasak dengan kaldu ayam, nasi tim ayam, kentang tumbuk, puding, roti bakar, dan biskuit. baca : obat kekurangan pelumas sendi

  • Makanan yang berprotein tinggi namun berserat halus

Makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi sangat baik sebagai makanan untuk penderita tipes karena merupakan zat pembangun sehingga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak terutama pada bagian usus halus yang terkena radang.

Makanan berprotein tinggi ini haruslah yang berserat halus sehingga mudah dicerna.

Protein dapat bersumber dari hewani maupun nabati. Makanan berprotein tinggi yang baik untuk penderita tipes antara lain yaitu daging ayam rebus, hati ayam, ikan rebus, telur rebus, kacang kedelai rebus, tempe tim, dan tahu.

  • Sayuran yang berserat rendah

Sayuran juga sangat baik diberikan untuk penderita tipes. Namun yang harus diperhatikan adalah pilihlah jenis sayuran yang berserat rendah, bukan sayuran yang berserat tinggi.

Pada orang yang sehat, kita biasanya justru disarankan untuk mengkonsumsi dengan kandungan yang serat yang tinggi agar memperlancar metabolisme sistem pencernaan. baca : cara mengobati bekas luka menonjol

Namun karena pada penderita tipes usus halusnya terjadi radang, maka bagian usus halus ini tidak diperkenankan bekerja terlalu berat dulu, sehingga jenis sayuran yang dianjurkan adalah yang berserat rendah.

Jenis sayuran berserat rendah yang dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita tipes antara lain yaitu kacang panjang, buncis muda, labu siam, gambas, dan wortel.

Demikian informasi mengenai apa saja jenis makan yang baik untuk penderita tipes.

Selengkapnya

Penulis: Sela Ayunda
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help