Blog Tribunners

Fakta Seputar Jerawat dan Cara Alami untuk Menghilangkannya

Menurut sebagian orang, munculnya jerawat pada wajah dianggap sangatlah mengganggu pada penampilan mereka.

Fakta Seputar Jerawat dan Cara Alami untuk Menghilangkannya
NOVA
Ilustrasi 

TRIBUNNERS- Menurut sebagian orang, munculnya jerawat pada wajah dianggap sangatlah mengganggu pada penampilan mereka.

Terutama, jerawat membandel yang terus muncul meskipun sering makan obat penghilang jerawat atau menggunakan obat oles seperti salep dan yang lainnya. Selain itu, pada beberapa kasus juga, jerawat muncul bukan hanya pada wajah tapi pada punggung juga.

Banyak yang mengatakan, munculnya jerawat disebabkan karena terlalu sering makan telur. Faktanya, itu hanya mitos dan tak sepenuhnya benar.

Sebenarnya, jerawat muncul karena adanya penumpukan bakteri dan jamur pada usus atau saluran pencernaan kita. Mengapa demikian? Simak tips menghilangkan jerawat dengan mudah secara alami ini.

 1 Sering Mengkonsumsi Antibiotik

Salah satunya muncul jerawat bisa disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi antibiotik. Seperti yang kita tahu, cara kerja dari antibiotik ini adalah membunuh semua bakteri pada tubuh termasuk bakteri baik.

Asupan makanan yang salah dapat memicu berkembangnya bakteri dan jamur dibandingkan dengan perkembangan bakteri baik.

2 Hindari Makanan Tinggi Gula

Meskipun anda sangat jarang mengkonsumsi antibiotik, konsumsi makanan yang tinggi gula akan mempercepat berkembangnya bakteri jahat dan jamur yang memicu tumbuhnya jerawat.

Meskipun bukan untuk pencegahan munculnya jerawat, makanan tinggi gula tetap harus dikurangi karena kurang baik untuk tubuh.

3 Perbanyak Makan Serat

Selain konsumsi antibiotik berlebih dan makanan tinggi gula, kurangnya asupan serat dari makanan membuat bakteri baik sulit untuk berkembang.

Karena, manfaat adanya bakteri baik ini adalah mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri jahat dan jamur dalam sistem pencernaan kita. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran mentah atau rebus dapat membantu mempercepat berkembangnya bakteri baik. Selain itu, serat ini membantu menyeimbangkan kadar gula pada tubuh anda.

4 Penggunaan Minyak Goreng

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng tentunya mengandung lemak, tapi hindari makanan yang digoreng dalam minyak yang dipakai berkali-kali atau dalam bahasa kesehatan biasanya disebut dengan lemak yang terhidrogenasi.

Maka dari itu, kurangi membeli jajanan yang digoreng, karena biasanya para pedagang juga tidak mau rugi dengan menggunakan minyak goreng berkali-kali. Untuk mengenalinya, kita tahu bahwa minyak yang dipakai berkali-kali warnanya akan sedikit gelap atau kehitam-hitaman.

5 Makanan Berprotein

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein yang baik.

Seperti yang kita tahu, protein ini adalah bahan baku antibodi untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang akan memperbaiki sel-sel dalam tubuh dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa tips menghilangkan jerawat dengan mudah secara alami. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat dan tinggi serat untuk memperbaiki sistem pencernaan anda. Karena dengan meningkatnya kesehatan pencernaan kita, jerawat dan gangguan kesehatan kulit lainnya akan sembuh dengan sendirinya.

Selengkapnya

Penulis: Very Agus Nurjaman
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help