Blog Tribunners

Bahaya, Inilah Daftar Kebiasaan Sepele yang Bisa Akibatkan Gangguan Kesehatan Serius

Masalah kesehatan selalu datang tanpa kita sadari, bahkan beberapa masalah kesehatan muncul dari kebiasaan kita sehari-hari yang memang...

Bahaya, Inilah Daftar Kebiasaan Sepele yang Bisa Akibatkan Gangguan Kesehatan Serius
https://www.hypnotherapists.org.uk
Gigit Kuku 
TRIBUNNERS - Masalah kesehatan selalu datang tanpa kita sadari, bahkan beberapa masalah kesehatan muncul dari kebiasaan kita sehari-hari yang memang kita anggap biasa tanpa menyadari resiko yang akan terjadi di kemudian hari.
Apa saja kebiasaan yang sering kita lakukan dan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan, simak beberapa ulasan masalah kesehatan dibawah ini yang berasal dari kebiasaan sedehana kita sehari-hari.
1. Menahan Buang Air Kecil
Terkadang kita sering menahan buang air kecil karena beberapa alasan, mungkin karna sedang dalam perjalanan macet, masalah toilet, atau karna masalah lainnya yang membuat kita harus menahan buang air kecil.
Tapi, tahukah kalian resiko apa yang ditimbulkan jika terlalu sering menahan buang air kecil? Ya, salah satunya adalah infeksi pada saluran kemih, batu ginjal atau gangguan ginjal lainnya.
Hal yang terjadi ketika kita menahan buang air kecil ini yaitu karena kandungan kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri yang menyebabkan infeksi dan menyebar ke ginjal, bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar dan  mengakibatkan gangguan kesehatan lain pada tubuh.
Solusi lainnya jangan terlalu lama duduk, perbanyak minum air putih, serta jangan menggunakan celana terlalu ketat untuk memperlancar proses buang air kecil.
2. Minuman Dingin Saat Pedas
Pernahkah kalian minum minuman dingin saat merasa kepedasan atau setelah makan pedas? Jika memang sering dilakukan, segera hentikan kebiasaan buruk ini.
Menghilangkan pedas dengan minum air dingin adalah salah besar dan berisiko buruk bagi kesehatan, karena permukaan lidah akan akan terasa semakin panas. Minumlah air hangat untuk melarutkan dan mempercepat menghilangkan rasa pedas dalam mulut.
3. Melewatkan Sarapan Pagi
Jika kalian adalah salah satu yang sering melewatkan sarapan pagi, cobalah biasakan untuk sarapan di pagi hari. Tanpa kita sadari, ini menjadi kebiasaan yang sering dilakukan dalam kesibukan kita.
Resiko yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini yaitu dapat menimbulkan obesitas, karena rasa lapar yang tidak terkontrol saat siang hari membuat jumlah makanan kita tidak terkontrol dan tidak teratur.
Biasanya membuat kita lebih makan lebih banyak dari biasanya dibandingkan dengan sarapan di pagi hari. Selain itu, melewatkan sarapan di pagi hari dapat menurunkan daya ingat dan konsentrasi kita. Itulah sebabnya, sangat penting untuk sarapan pagi.
4. Menggigit Kuku
Secara tidak sadar ketika kita sedang cemas, tegang atau gelisah beberapa orang punya kebiasaan menggigit kuku. Ini juga salah satu kebiasaan yang tanpa disadari akan mendatangkan masalah kesehatan.
Kuku adalah salah satu tempat bersarangnya kuman, maka kebiasaan menggigit kuku tentu saja dapat membawa kuman tersebut masuk kedalam tubuh dan sistem pencernaan kita.
Sehingga, kebiasaan ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan diare.
5. Menyilangkan Kaki
Kebiasaan buruk ini biasanya sering dilakukan oleh wanita. Menyilangkan kaki ini, sering dilakukan ketika kita sedang duduk.
Resiko yang ditimbulkan karena sering menyilangkan kaki ini, apalagi dalam waktu yang cukup lama yaitu mempengaruhi postur tubuh dan tekanan darah.
Mengapa? Karena, duduk dengan satu kaki yang disilangkan akan menimbulkan penekanan pada pinggul yang melempar keseimbangan tulang belakang.
Selain itu, dapat meningkatkan tekanan pada sendi pinggul sehingga menyebabkan pengumpulan darah di kaki.
Solusinya, hindari duduk dengan menyilangkan satu kaki atau menyilangkan kedua kaki lebih dari 10 menit dan berjalan setidaknya satu kali dalam kurun waktu 1 jam.
6. Memakai Headset
Headset ini biasanya digunakan untuk mendengarkan lagu atau suara lainnya, baik dari hp ataupun komputer agar suaranya terdengar lebih jelas.
Namun siapa sangka, terlalu lama mendengarkan suara menggunakan headset atau mendengarkan suara dengan cukup keras dapat mendatangkan gangguan pada telinga dan pendengaran.
Akibat yang terjadi bila terlalu lama menggunakan headset dapat menimbulkan suara mendengung pada telinga setelah headset dilepaskan, bahkan jika mendengarkan suara terlalu keras pada headset dapat menimbulkan gangguan pendengaran yang lebih parah lagi diakibatkan rusaknya gendang telinga.
Itulah beberapa kebiasaan sederhana kita dalam kehidupan sehari-hari yang tidak disadari dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. Setelah kalian tahu, masihkah akan melakukan kebiasaan buruk ini?

Selengkapnya

Penulis: Very Agus Nurjaman
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help