Tribunners / Citizen Journalism

Ikhtiar Perkuat Arbitrase Indonesia, BANI Dorong Revisi UU Nomor 30 Tahun 1999

Sistem arbitrase diyakini mampu menjawab tantangan dunia usaha karena memiliki prinsip kepastian, kerahasiaan, serta waktu yang relatif singkat.

Ikhtiar Perkuat Arbitrase Indonesia, BANI Dorong Revisi UU Nomor 30 Tahun 1999
Tribunnews.com/Wahyu Aji
Todung Mulya Lubis. 

TRIBUNNERS – Hari ini tepat 40 tahun keberadaan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) memberikan kontribusi dalam penyelesaian sengketa di luar pengadilan umum (alternative dispute resolution/ ADR).

Sistem arbitrase diyakini mampu menjawab tantangan dunia usaha karena memiliki prinsip kepastian, kerahasiaan, serta waktu yang relatif singkat dalam penyelesaian sengketa. Dengan kata lain, sistem ini efektif dan efisien.

Meskipun demikian, sistem arbitrase dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa (UU Arbitrase) bukanlah tanpa tantangan.

Baca: 94 Jadwal Penerbangan Dari Soekarno Hatta Menuju Bali Dibatalkan

Di satu sisi, pelaku usaha mulai nyaman menggunakan mekanisme arbitrase, di lain sisi, putusan arbitrase masih dapat dilakukan pembatalan oleh pengadilan.

Oleh karenanya, BANI secara lembaga terus mendorong agar UU Arbitrase dapat diubah (revisi). Hal ini sangat diperlukan bagi pemenuhan prinsip final dan mengikat.

Implikasi lanjutan dari pemenuhan prinsip ini adalah meningkatnya kepercayaan dunia usaha terhadap sistem hukum di Indonesia.

“Insiatif bisa datang dari Pemerintah dan DPR mendukung,” ujar Husseyn Umar, Ketua BANI dalam International Seminar: Indonesia and The Development of International Arbitration, Shangri-la Hotel Jakarta (28/11/2017).

Lebih lanjut, Husseyn menjelaskan bahwa peran Negara sangat penting untuk menciptakan serta mendukung sistem penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

Dukungan Negara dan peradilan terhadap penyelesaian sengketa melalui arbitrase yang bersifat suportif dapat mendorong gairah dunia usaha, terlebih di tengah derasnya kompetisi global.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help