Tribunners / Citizen Journalism

Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat

Hal ini tentu saja sama dengan keinginan Partai Golkar yang juga ingin membangun dari desa.

Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat
Golkar
Partai Golkar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Salah satu program pemerintahan Presiden Jokowi atau yang terkenal dengan sebutan " program nawa cita " adalah membangun Indonesia dari pinggir.

Hal ini tentu saja sama dengan keinginan Partai Golkar yang juga ingin membangun dari desa.

Meski menggunakan istilah yg berbeda sejatinya adalah sama tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat di pelosok desa dengan penambahan alokasi transfer ke daerah dan dana desa secara signifikan.

Dalam APBN tahun 2018 ini total transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp. 766,2 triliyun.

Dana transfer ke daerah dan dana desa terbagi menjadi dua pendanaan yaitu transfer ke daerah sebesar Rp. 706,1 triliyun dan dana desa sebesar Rp. 60,0 triliyun.

Baca: Ini Respon Polda Metro Jaya Soal Insiden Kecelakaan Saat Aksi Sulap Demian

Dana desa ini selain diperuntukkan untuk menggerakkan perekonomian desa juga untuk membuka lapangan kerja sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Dengan peningkatan pendapatan ini maka akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Dengan demikin fokus dana desa yang diharapkan pemerintah Jokowi yakni meningkatkan pemerataan keuangan antar daerah, dapat tercapai.

Pengalokasian dana transfer ke daerah dan dana desa yang cukup besar ini tentu memerlukan pengawasan dari anggota DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Halaman
123
Editor: Ferdinand Waskita
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help