Blog Tribunners

Ingin Terhindar Kanker Prostat? Terapkan 6 Tips Ini

Harapan hidup penderita kanker prostat memang cukup tinggi dibandingan dengan kanker jenis lainnya. Namun, kanker jenis ini

Ingin Terhindar Kanker Prostat? Terapkan 6 Tips Ini
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Harapan hidup penderita kanker prostat memang cukup tinggi dibandingan dengan kanker jenis lainnya.

Namun, kanker jenis ini tetap bisa mengancam nyawa kamu. Kanker prostat adalah kanker yang berkembang di prostat pria. Untuk mencegah penyakit ini, Anda dapat mengubah kebiasaan sehari-hari.

Dilansir dari laman Vietnannet.vn, Berikut ada tips pencegahan kanker prostat. 

1. Skrining secara rutin 

Melakukan skrining lebih awal secara rutin sangat berguna sekali mencegah penyakit ini berkembang pada tingkat mematikan. Untuk itu anda perlu melakukan skrining secara rutin pada tubuh anda. 

2. Makan sayuran antikanker

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kale, kubis merupakan sayuran super. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan tersebut mengandung senyawa anti-kanker yang disebut glucosinolates.

3. Rutin minum teh hijau

Teh hijau telah terbukti mampu mengurangi risiko kanker prostat. Teh hijau mengandung catechin, antioksidan yang dapat membunuh beberapa bakteri, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala diabetes, dan membantu dalam memerangi berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat. 

4. Rutin melakukan Meditasi

Meditasi dapat membantu melawan kanker prostat. Jangan meremehkan kekuatan pikiran, karena bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh Anda. Meditasi telah terbukti menjadi kegiatan untuk mengurangi stres secara efektif. Banyak ahli percaya bahwa stres dapat membuat risiko terkena kanker lebih tinggi. 

5. Makan ikan yang kaya omega-3

Makan ikan sekali seminggu telah terbukti mengurangi risiko pengembangan kanker prostat sebesar 63%. Menurut sebuah studi oleh University of California, orang-orang rutin makan ikan yang kaya asam lemak omega-3 setidaknya sekali seminggu bisa membantu memperkuat kemampuan untuk mencegah kanker prostat. 

6. Rutin Olahraga

Sebuah studi oleh University of California menemukan bahwa olahraga secara teratur bisa mengurangi risiko perkembangan kanker prostat. Selain itu, olahraga baik untuk jantung Anda dan juga bermanfaat menjaga berat badan tetap ideal. perlu anda tahu kegemukan juga bisa menyebabkan beragam kanker, termasuk kanker prostat.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help