Blog Tribunners

Cegah Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Lebih Dini

Di seluruh dunia penyakit kanker payudara merenggut 8,5 juta orang dan ini akan terus meningkat. Bahkan WHO memprediksi...

Cegah Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Lebih Dini
Shutterstock
Ilustrasi 
TRIBUNNERS - Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling umum saat ini dan memiliki tingkat kematian tertinggi bagi wanita .
Kanker payudara adalah penyakit ganas, terjadi pada sel-sel di jaringan payudara. 

Sel-sel ini biasanya timbul di lobus atau lobulus payudara. Kemudian, sel kanker bisa menyebar ke jaringan atau organ tubuh dan bagian tubuh lainnya. Kanker payudara biasa terjadi pada wanita dan sangat mungkin juga terjadi pada pria.

Di seluruh dunia penyakit kanker payudara merenggut 8,5 juta orang dan ini akan terus meningkat. Bahkan WHO memprediksi ada 11,5 juta penduduk dunia akan meninggal akibat penyakit yang menjadi momok bagi wanita ini.

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang memiliki harapan hidup cukup tinggi jika terdeteksi secara dini, kemampuannya untuk menyembuhkan hingga 80%.

Namun, di Indonesia saat ini banyak wanita yang mendatangi fasilitas kesehatan saat stadium lanjut sehingga banyak pasien yang sulit tertangani.

Untuk mencegah kanker payudara bukan hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat saja. Namun juga perlu pemeriksaan secara dini terhadap payudara anda secara menyeluruh. Apalagi jika anda memiliki saudara yang memiliki riwayat penyakit payudara anda perlu rutin skrining payudara untuk mengetahui perkembangan kesehatan dari waktu ke waktu.

Untuk itu anda para wanita yang sudah masuk masa pubertas wajib sekali melakukan skrining rutin terhadap payudara untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan sel-sel di jaringan payudara.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help