Blog Tribunners

Ciri Penyakit TBC pada Paru yang Harus Diwaspadai

TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya, karena penyakit ini dapat ditularkan serta menelan korban terbanyak nomor 2 di dunia setelah HIV.

Ciri Penyakit TBC pada Paru yang Harus Diwaspadai
THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi. 

TRIBUNNERS - TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya, karena penyakit ini dapat ditularkan serta menelan korban terbanyak nomor 2 di dunia setelah HIV.

Indonesia sendiri menduduki posisi nomor 5 untuk kasus penyakit TBC wilayah Asia Tenggara, karena itu dengan mengetahui ciri-ciri penyakit TBC Anda dapat lebih waspada.

Sebab penyakit ini merupakan salah satu penyakit endemic yang sangat sulit dihilangkan, sehingga tidak heran jika tiap tahunnya sebanyak 1,7 juta orang menjadi korban penyakit ini.

Dimana angkat ini setara dengan sepertiga penduduk di dunia, hal ini tidak aneh sebab penyakit ini dapat ditularkan lewat udara. Proses penyembuhan penyakit ini juga terhitung sulit pada Indonesia, sebab masyarakat kita masih kurang kesadaran untuk berobat.

Sebab gejala awal TBC merupakan batuk, dimana banyak orang yang menganggap remeh penyakit ini sehingga tidak diobati.

Sehingga hanya 50% penderita TBC yang dapat disembuhkan, faktor terjadinya penyakit ini juga beragam. Seperti tinggal di lingkungan kumuh, tertular, dan sistem imun yang rendah.

Ciri-Ciri Penyakit TBC Yang Harus Anda Ketahui

Terdapat beberapa kondisi yang merupakan ciri-ciri penyakit TBC, dimana ciri-ciri ini terlihat seperti penyakit ringan sehingga banyak diabaikan oleh orang.

Karena itu jika Anda memiliki kondisi ini dalam waktu lama ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter sehingga tidak membahayakan nyawa.

1. Batuk dengan dahak yang banyak

Batuk merupakan ciri-ciri penyakit TBC yang umum terjadi pada penderita, dimana batuk yang disertai dengan dahak selama 3 minggu lebih.

Sehingga untuk penderita TBC paru-paru tentunya hal ini sangat menganggu yang menimbulkan asma. Untuk penularannya, pada saat penderita batuk maka bakteri penyebab penyakit ini akan keluar bersamaan dengan dahak dan air liur.

Sehingga penderita TBC harus dapat berhati-hati agar penyakit ini tertular pada orang lain. Dan juga obat batuk biasa tidak dapat mengobati gejala ini sehingga diperlukan obat resep dokter.

2. Mengalami nyeri pada bagian dada apabila bernafas

TBC pada paru-paru dapat menimbulkan rasa nyeri apabila bernafas, sehingga dapat membuat penderita tersiksa dan tidak bebas saat bernafas.

Gejala ini membuktikan bahwa bakteri telah menyerang paru-paru, namun gejal ini tidak hanya ciri-ciri penyakit TBC namun bisa jadi Anda terkena penyakit bronkitis. Karena itu ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang menyerang Anda.

3. Hilangnya nafsu makan

Bakteri penyebab penyakit TBC dapat mengirimkan sinyal kepada otak agar tubuh tidak dapat dimasuki oleh makanan, sehingga menyebabkan hilangnya nafsu makan pada penderita.

Apabila penderita memaksakan diri untuk makan dan minum dapat menyebabkan mual, apabila hal ini dibiarkan dalam waktu lama maka akan mnimbulkan penyakit lainnya karena asupan gizi untuk tubuh berkurang.

Dan juga hal ini dapat menurunkan sistem imun tubuh yang membuat penyakit TBC terus berkembang, hal ini tentunya dapat membahayakan nyawa sebab akan banyak penyakit yang menyerang Anda.

4. Turunnya berat badan

Hilangnya nafsu makan pada penderita dapat membuat kehilangan berat badan secara drastis, sehingga banyak penderita TBC akut lama kelamaan badannya akan kurus kering.

Karena itu jika Anda merasa bahwa penyakit batu Anda tidak hilang-hilang yang disertai dengan penurunan berat badan maka segeralah memeriksakan diri ke dokter, sebab ciri-ciri penyakit TBC mudah terlihat dan dirasakan sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Penulis: jarwadi subandrio
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help