Tribunners / Citizen Journalism

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia, Sampoerna University Jalankan Program Lighthouse School

Lighthouse School adalah sekolah percontohan yang dikembangkan di seluruh Indonesia yang direncanakan untuk tidak hanya memenuhi namun sekaligus...

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia, Sampoerna University Jalankan Program Lighthouse School
Istimewa
ILUSTRASI: USAID dan Fakultas Pendidikan Sampoerna University menggelar pelatihan kepada 100 guru dari sekolah dan madrasah di Jakarta. 

TRIBUNNERS - Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Usaha Tegas bersama Putera Sampoerna Foundation melalui Sampoerna University (SU) dan Pemerintah Provinsi Bali sedang mengembangkan sekolah rujukan di Kintamani, Bali.

Lighthouse School adalah sekolah percontohan yang dikembangkan di seluruh Indonesia yang direncanakan untuk tidak hanya memenuhi namun sekaligus melampaui  Standar Nasional Pendidikan Indonesia.

Program ini meletakkan fokus pada pembentukan sistem manajemen sekolah yang lebih akuntabel yang didukung oleh guru berkualitas untuk mencapai pengajaran dan pembelajaran yang efektif.

Program ini dilaksanakan oleh unit School Development Outreach (SDO) di bawah Fakultas Pendidikan Sampoerna University (SU). Karena potensinya yang tinggi, SMAN 1 Kintamani telah terpilih untuk menerapkan program ini, yang akan mengubah sekolah menjadi sekolah rujukan atau 'suar' untuk pendidikan di Bali.

Bagi Usaha Tegas, pendidikan selalu menjadi fokus utama dalam melakukan inisiatif filantropi. Kemitraan yang sedang berlangsung antara Usaha Tegas, Putera Sampoerna Foundation dan Pemerintah Provinsi Bali menunjukkan kolaborasi yang kuat terhadap fokus bersama untuk mengubah dan meningkatkan kualitas pendidikan di Bali, yang akan mendukung pembangunan berkelanjutan negara dalam waktu jangka panjang.

Program ini menyediakan platform untuk kemitraan publik-swasta antara sektor korporasi, pemerintah daerah, dan komunitas sekolah, yang semuanya bekerja bahu-membahu untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran.

Selama 3 tahun, Lighthouse School Program akan berfokus pada aspek pembelajaran dan pengajaran guru, tata kelola sekolah, pencapaian hasil belajar siswa, serta keterlibatan masyarakat di dalam dan sekitar sekolah.

Kepala Sekolah, guru, dan siswa akan memiliki kesempatan untuk mencicipi pengalaman belajar internasional dan mendapatkan pengajaran dan pembelajaran yang efektif yang berfokus pada Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM) dan Bahasa Inggris.

"Kami percaya bahwa pendidikan berbasis STEM dan kemampuan bahasa Inggris akan mengembangkan keterampilan siswa untuk bisa berpikir kritis dan kreatif, terutama dalam memecahkan masalah sehari-hari. Kami berharap program sekolah rujukan akan menginspirasi sekolah lain di Kintamani untuk juga berkembang, karena praktik pengajaran dan pembelajaran terbaik telah ditumbuhkan sekaligus diterapkan, "kata Elan Merdy, Direktur Senior Putera Sampoerna Foundation.

Dia juga menambahkan, "School Development Outreach, sebagai salah satu bagian penting dalam lembaga Sampoerna University, berkomitmen untuk menghadapi tantangan terkini dalam pendidikan di Indonesia. Meningkatnya kesenjangan kualitas pendidikan antara sekolah-sekolah di kota dan di pinggiran kota telah memotivasi kita untuk menciptakan sebuah program dengan dampak jangka panjang dalam meningkatkan kompetensi guru dan kemudian kualitas pendidikan secara keseluruhan.”

 Pengirim: Sampoerna University/FleishmanHillard

Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help