Blog Tribunners

Benarkah Sakit Kepala Ciri Hipertensi?

Sering kali kita mendengar bila orang sakit kepala selalu dihubung-hubungkan dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

Benarkah Sakit Kepala Ciri Hipertensi?
Shutterstock/Kompas.com
Ilustrasi
TRIBUNNERS - Sering kali kita mendengar bila orang sakit kepala selalu dihubung-hubungkan dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Berdasarkan sebuah penelitian memang orang yang mempunyai tekanan darah yang tinggi biasanya akan merasa sakit kepala yang lebih berat atau lebih sering dari orang kebanyakan yang memiliki tekanan darah yang normal.
Tapi faktannya sakit kepala tidak bisa dijadikan ciri yang kuat untuk memastikan seseorang terkena tekanan darah tinggi atau tidak, saat tekanan darah tinggi ini akan membuat pembuluh darah menjadi kaku serta mempengaruhi kinerja ujung saraf.
Dan hal itu bisa membuat Anda kesulitan mengenali rasa sakit.
Tetapi sakit kepala bisa menjadi ciri bila Anda mengalami malignant hypertension atau tekanan darah menjadi tinggi secara tiba-tiba.
Itu harus diwaspadai karena bisa menjadi cikal bakal terjadinya hipertensi dikemudian hari. Dan malignant ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.
Sekitar 90% sakit kepala disebabkan oleh stress, untuk itu Anda harus rutin memeriksakan tekanan darah Anda untuk mencegah terkena hipertensi. Terapkan pola hidup serta pola makan yang sehat dan rajin berolahraga untuk mencegah terkena hipertensi.
Sekian semoga bermanfaat :)

Selengkapnya

Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help