Blog Tribunners

Kenali Seputar Penyebab Sakit Lutut

Sakit lutut adalah rasa sakit yang terjadi di bagian depan lutut yang terletak di bawah tempurung lutut atau di dalam sendi lutut itu sendiri.

Kenali Seputar Penyebab Sakit Lutut
www.dukecityurgentcare.com
Ilustrasi 
TRIBUNNERS - Sakit lutut adalah rasa sakit yang terjadi di bagian depan lutut yang terletak di bawah tempurung lutut atau di dalam sendi lutut itu sendiri.
Sakit lutut bisa datang dari struktur tulang lutut seperti persendian lutut, tempurung lutut, atau ligamen dan tulang rawan. Sakit lutut itu sendiri adalah diagnosis yang sulit untuk diverifikasi.
Beberapa orang yang menderita sakit lutut hanya mengalami gejala ringan, namun beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit yang luar biasa. Lokasi rasa sakit di lutut sangat penting karena bisa menunjukkan kemungkinan penyebab utamanya.
Ada Beberapa Penyebab sakit Lutut
1. Bursitis
Bursitis adalah radang atau pembengkakan yang terjadi di bursa, tas berisi cairan pelumas yang berada di sekitar sendi, dan berfungsi sebagai bantalan untuk mengurangi gesekan dan berpotensi terjadi iritasi antara tulang dan tendon.
2. Tendinitis
Tendinitis adalah radang tendon lutut yang ditandai dengan kemerahan di sekitar lutut dan terasa sakit saat disentuh. Aktivitas yang membutuhkan gerakan berulang sendi lutut dapat meningkatkan risiko tendinitis ini.
3. Rematik atau rheumatoid arthritis
Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan di persendian.
Penyakit ini disebabkan oleh kelainan autoimun. Yang paling sering terkena adalah tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut.
Chondromalacia patella
4. Osteoarthritis (OA)
Penyakit ini merupakan penyakit sendi degeneratif yang mempengaruhi tulang rawan sendi. OA terjadi karena kerusakan tulang rawan yang melindungi dan memberikan bantalan untuk sambungan.
Hal ini menyebabkan tulang cenderung bersentuhan satu sama lain sehingga menggosok terhadap gerakan yang menyebabkan rasa sakit dan kekakuan.
5. Sakit lutut karena rusaknya meniscus
Meniscus adalah tulang rawan berbentuk C kecil yang berfungsi sebagai bantalan dalam persendian lutut. Terdapat dua Meniscus yang berada di antara tulang paha (Femur) dan tulang kering (Tibia), satu pada bagian dalam lutut (Medial) dan satu lagi di luar (Lateral).
6. Artritis septik
Artritis septik yaitu infeksi yang sangat menyakitkan pada persendian. Bakteri atau jamur bisa menyebar dari daerah lain ke sendi tubuh.
Terkadang bakteri hanya menginfeksi persendian tanpa mengganggu area lain dari tubuh. Pada radang sendi septik, kuman menyusup ke sendi dan menyebabkan nyeri parah disertai pembengkakan.
Biasanya kuman menyerang hanya satu sendi. Bakteri paling sering menyerang lutut, meski persendian lainnya mungkin juga terpengaruh, termasuk pinggul, pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, dan bahu.
Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Selengkapnya

Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help