Blog Tribunners

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang, baik yang berusia muda maupun yang tua

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung
Thinkstockphotos
Ilustrasi. 

TRIBUNNERS - Penyakit asam lambung atau maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang, baik yang berusia muda maupun yang tua.

Namun tidak semua penderita penyakit ini mengatahui pantangan asam lambung, padahal pantangan untuk penyakit ini sangatlah banyak terutama pada bagian makanan.

Sebab jika penderita mengkonsumsi makanan yang dilarang maka akan menimbulkan rasa melilit pada perut, apalagi jika penyakit lambung yang diderita telah memasuki tahap kronis sehingga untuk sembuh sangatlah susah.

Saat ini masih banyak orang yang menganggap sepele penyakit asam lambung, padahal jika penyakit ini sudah kronis maka dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Pantangan penyakit ini tidak hanya pada makanan namun juga pada minuman, karena itu para penderita haruslah selektif dalam memilih makanan dan minuman.

Oleh karena itu, penderita penyakit ini wajib untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Namun saat ini masih banyak orang yang membiarkan penyakit ini karena dianggap dapat sembuh sendiri.

Jenis Makanan Yang Menjadi Pantangan Asam Lambung

Dikutip dari website kesehatan Dedaunan.com setidaknya terdapat 4 jenis makanan yang menjadi pantangan asam lambung, jadi untuk penderita penyakit ini tidak boleh mengkonsumsi makanan jenis ini secara berlebihan.

Sebab jika seseorang telah terkena penyakit asam lambung maka tidak dapat mengkonsumsi makanan secara sembarangan.

1. Makanan yang menimbulkan gas

Tidak dianjurkan bagi seorang penderita penyakit asam lambung mengkonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya gas. Sebab makanan yang mengandung gas dapat membuat asam lambung menjadi naik.

Karena itu dilarang mengkonsumsi sawi, kol, nangka, dan pisang Ambon. Untuk ukuran orang normal saja sayuran sawi dan kol dapat membuat perut terasa penuh dan begah, jadi dapat dibayangkan jika penderita asam lambung mengkonsumsi sayuran ini. Tentunya dapat memicu asam pada lambung naik.

2. Makanan yang memiliki rasa pedas

Beberapa orang tentunya sangat menyukai makanan yang memiliki  rasa pedas, namun jika mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas yang berlebihan tentunya dapat memberikan efek buruk kepada sistem pencernaan.

Salah satunya adalah iritasi pada lambung jadi tidak heran jika makanan pedas menjadi pantangan asam lambung, sehingga dapat memicu rasa yang tidak nyaman serta melilit.

Jadi tidak heran jika mengkonsumsi makanan pedas berlebihan seseorang dapat merasakan sakit perut dan diare.

Karena itu tidak boleh mengkonsumsi cabai, saos sambal, saos tomat, dan makanan yang mengandung banyak merica. Sebab merica dapat menimbulkan rasa pedas dan panas pada perut.

3. Makanan dengan rasa asam

Beberapa orang sangat menyukai rasa asam karena dianggap dapat memberikan rasa segar pada makanan. Namun makanan asam mengandung senyawa acid reflux, dimana senyawa ini dapat membuat kadar asam lambung menjadu naik.

Jadi tidak heran jika makanan yang seperti ini dapat memperburuk penyakit maag. Sebab lambung tidak dapat mentolerasi kadar asam yang berlebihan, sebab makanan asam dapat membuat cairan pada asam lambung menjadi semakin banyak.

Karena itu penderita asam lambung dilarang untuk mengkonsumsi cuka, asinan, acar, dan buah dengan rasa asam.

4. Makanan yang memiliki kandungan alkohol

Terdapat beberapa makanan yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya, dimana makanan jenis ini biasanya dilakukan proses fermentasi. Pelarangan mengkonsumsi makanan yang beralkohol dikarenakan dapat memicu timbulnya gas.

Karena itu hindarilah mengkonsumsi tape singkong dan ketan serta manisan dari buah dan sayur. Sebab makanan ini telah masuk ke dalam daftar pantangan asam lambung.

Penulis: jarwadi subandrio
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help