Tribunners / Citizen Journalism

Pencegahan Cyber Crime Lewat Strategi User-Centric Security Approach

Pendekatan keamanan yang dilakukan berfokus pada firewall, service atau protocol dan server application yang diakses oleh pengguna.

Pencegahan Cyber Crime Lewat Strategi User-Centric Security Approach
KBC TV
ILUSTRASI 

TRIBUNNERS - Saat ini, para CEO dihadapkan dengan adanya serangan cybercrime.

Namun banyak investasi cybercrime yang dihabiskan untuk menangani perimeter-centric security, network-centric security dan application-centric security.

Baca: Penuhi Lonjakan Penumpang, Jokowi Minta Bandara Supadio Diperbesar Lagi

Pendekatan keamanan yang dilakukan berfokus pada firewall, service atau protocol dan server application yang diakses oleh pengguna.

Sayangnya, pendekatan user-centric security atau solusi pengontrol dan pengaturan akses para pengguna seringkali luput dari penerapan serta belum secara optimal diterapkan.

Pengaturan akses para pengguna amat penting karena akhir-akhir ini banyak hacker yang mampu menembus sistem jaringan TI sebuah perusahaan dengan menggunakan akun internal untuk melakukan cybercrime.

Caranya dengan menggunakan akun yang tak bertuan, atau yang dapat diprediksi baik ID maupun kata kuncinya, atau akun administrator yang tidak terjaga.

Hacker mampu menembus sistem aplikasi yang paling sensitif milik perusahaan dan menyebabkan kerugian secara material maupun kepercayaan pelanggan.

Salah satu bentuk penerapan strategi user-centric security approach adalah melalui penerapan identity access governance and administration (IGA) dan data access governance (DAG).

Akses pengguna ke aplikasi dan data diatur serta dimonitor sesuai aturan kebijakan akses, hak akses dan juga peraturan perusahaan.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help