Tribunners / Citizen Journalism

Sampurasun Kang Dedi Mulyadi

Di sini akhirnya saya sangat mengapresiasi masuknya nama Dedi Mulyadi di kontestasi Pilkada Jabar 2018

Sampurasun Kang Dedi Mulyadi
Dokumentasi Humas Pemkab Purwakarta
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menghadiri penyaluran beras sejahtera atau rastra (dahulu dikenal beras miskin atau raskin, red) di Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (4/4/2017). DOKUMENTASI HUMAS PEMKAB PURWAKARTA 

Oleh: Alex Palit

Sampurasun Kang Dedi Mulyadi!

Di sini akhirnya saya sangat mengapresiasi masuknya nama Dedi Mulyadi di kontestasi Pilkada Jabar 2018, terlebih lagi semoga nantinya Bupati Purwakarta ini masuk diurutan cagubnya, terlepas dari Partai Golkar sebagai pengusungnya nanti akan berkoalisi dengan parpol siapa pun itu.

Di sini saya juga tidak ingin mengulas dinamika politik atau kosensi tawar-menawar  bargaining position pencalonan cagub dan cawagub Pilkada Jabar 2018 antar parpol yang terus bergulir, termasuk nantinya Dedi Mulyadi akan dipasangkan dengan siapa, begitupun dengan paslon lainnya.

Sebagaimana judul tulisan, di sini saya sangat tertarik dengan makna filosofi ‘Sampurasun’ yang pernah dipaparkan putra Pasundan, kang Dedi Mulyadi, prihal apa itu ‘Sampurasun’.

Dijelaskan, ‘Sampurasun’ itu sendiri merupakan ucapan salam khas masyarakat Sunda, berasal dari kata sampurna ning ingsun yang bermakna sempurnakan diri anda.

Yang mengartikan bahwa ‘Sampurasun’ ini sebuah ucapan salam yang mengajak pada diri sendiri dan orang lain yang disapa salam untuk menyempurnakan diri.

Lewat kata atau salam ‘Sampurasun’ juga mengajak agar orang yang berucap dan disapa untuk bisa mengoreksi seluruh kesalahan yang dimiliki untuk kemudian memperjuangkan keberanaran yang akan diwujudkan.

Tata cara pengucapan ‘Sampurasun’ dilakukan sambil membungkukan badan dan kedua telapak tangan disatukan dalam posisi berada tepat di depan perut.

Menurut Ketua DPW Partai Golkar - Jabar, membungkuk itu adalah sebuah bentuk kesahajaan orang Sunda dalam memberi penghormatan pada sesama.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help