Blog Tribunners

5 Gejala Awal Kanker Paru yang Harus Diketahui

Kebiasaan merokok merupakan pemicu kanker paru tertinggi saat ini, dan korban kematian paling banyak akibat kanker paru adalah perempuan.

5 Gejala Awal Kanker Paru yang Harus Diketahui
net
ilustrasi

TRIBUNNERS - Kebiasaan merokok merupakan pemicu kanker paru tertinggi saat ini, dan korban kematian paling banyak akibat kanker paru adalah perempuan.

Hal ini membuat ironis karena jumlah perokok aktif lebih banyak dikalangan kaum lelaki. Nah untuk itu Anda harus waspada pada beberapa gejala kanker paru berikut ini.

1. Batu-Batuk

Batuk biasa akibat flu umumnya bisa reda dalam jangka satu minggu atau lebih lama dua minggu. Namun, Batuk yang ta kunjung sembuh hingga berbulan bulan bisa jadi tanda nyata ada masalah di paru-paru anda, anda perlu memastikan apakah ada kanker atau penyakit lain seperti TBC

 

2. Alami Sesak Napas

Kanker paru bisa menyebabkan anda sulit bernapas sehingga anda akan mudah alami sesak napas, ini akibat adanya tumor atau cairan yang menghalangi saluran nafas di paru-paru. Nah jika instensitas sesak napas meningkat sebaiknya jangan pernah mengabikan gejala ini. 

3. Suara Berubah

Kanker paru bisa mempengaruhi kotak suara sehingga jika anda atau orang lain memberitahu bahwa suara anda berubah sebaiknya segera perisksa diri untuk mengetahui lebih lanjut. 

4. Tulang Terasa sakit 

Kankr paru bisa menyebar hingga ketulang bagian punggu anda dan menimbulkan rasa sakit yang hebat, Rasa sakit ini bahkan akan terasa sekali jika anda mengisrtirahatkan tubuh anda. Nah sebaiknya jika anda merasakan sakit di area bahu, punggung belankang dada sebaiknya anda harus lebih waspada. 

5. Penurunan Berat Badan

Saat bertambah parah kanker paru dan jenis kanker lainnya akan membuat tubuh kehilangan berat badan yang cukup signifikan, hal ini akibat aktifitas sel kanker yang mengambil nutrisi tubuh untuk pertumbuhannya.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help