Tribunners / Citizen Journalism

Masih Banyak Masalah Menghantui Pendidikan Kita

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP ) Jakarta adalah perguruan tinggi yang masih menc

Masih Banyak Masalah Menghantui Pendidikan Kita
net
Ilustrasi pendidikan

Ditulis oleh: Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP ) Jakarta adalah perguruan tinggi yang masih mencirikan sebagai kampus pendidikan dengan alumni terbesarnya adalah tenaga pendididk dan kependidikan (guru dan tenaga kependidikan lainnya).

Sudah lebih dari 110 ribu alumni perguruan tinggi ini yang mewarnai dunia pendidikan kita. Oleh karena itu, menutup tahun 2017 dan mengawali Tahun 2018, IKA UNJ sebagai organisasi yang memayungi ratusan ribu insan pendidikan ini perlu membuat catatan-catatan, evaluasi dan refleksi atas dunia pendidikan kita selama ini dan sekaligus memberikan masukan untuk perbaikan pendidikan kita ke depan.

Baca: Niatnya Mau Mancungkan Hidung Lewat Operasi, yang Terjadi Malah Mengerikan pada Wanita Ini

Sudah banyak pihak memberikan catatan atas masalah-masalah pendidikan, namun tanpa mengesampingkan masalah-masalah lama yang masih tetap menggelayuti dunia pendidikan kita, catatan-catatan ini perlu kami fokuskan juga pada masalah-masalah kekinian yang tidak kalah pentingnya untuk dicarikan jalan keluar penyelesaian atau penanganannya.

Dunia pendidikan kita di sepanjang Tahun 2017 menujukan fakta-fakta bahwa meskipun terdapat banyak kemajuan dalam bidang pendidikan, baik dalam kebijakan maupun implemntasinya, namun kita tidak mengingkari bahwa masih terdapat banyak masalah yang tetap menghantui nasib pendidikan kita.

Masalah-masalah tersebut misalnya, meskipun anggaran pendidikan misalnya telah mengalami kenaikan sebesar 27,4% pada periode 2015 – 2017, namun tetap saja kondisi ini belum merata untuk seluruh daerah di Indonesia.

Belum terpenuhinya wajib belajar 9 tahun, tetapi sekarang sudah diberlakukan wajib belajar 12 tahun, angka putus sekolah tingkat dasar dan menengah yang masih tinggi, tidak terpenuhinya tenaga pendidik, terutama di daerah-daerah luar jawa, ketimpangan dan belum terpenuhinya secara layak sarana dan prasarana pendidikan antara daerah, mutu dan kualitas tenaga kependidikan, dan masih banyak masalah lainnya.

Baca: Dilantik Jokowi, Ini Profil Kepala Badan Siber Djoko Setiadi

 Tantangan-tantangan dalam Implmentasi Pendidikan Karakter

Halaman
1234
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help