Tribunners / Citizen Journalism

Tim Verifikasi Tidak Tahu Olahraga Bridge

40 induk organisasi olahraga (PB/PP) segera menyampaikan Rancangan Anggaram Biaya (RAB) untuk Pelatnas Asian Games 2018.

Tim Verifikasi Tidak Tahu Olahraga Bridge
ist
Bert Toar Polii 

Oleh : Bert Toar Polii

Pada pertengahan bulan Desember 2017, Menpora Imam Nahrawi pontang-panting meminta agar 40 induk organisasi olahraga (PB/PP) segera menyampaikan Rancangan Anggaram Biaya (RAB) untuk Pelatnas Asian Games 2018.

Tentu saja seluruh cabor segera bergerak karena begitu mendadak. Bahkan, deadline penyerahan harus diundur dari tanggal 15 menjadi 18 Desember 2017 tengah malam.

RAB ini kemudian diperiksa oleh tim verifikasi yang dibentuk oleh Menpora dan selanjutnya meminta cabor untuk menandatangani MOU yang dibuat oleh Menegpora setelah RAB dipangkas lebih dari 50%.

Alasan yang disampaikan oleh Menpora melalui Gatot S Dewa Broto, Sesmenpora dalam konperensi pers, anggaran yang tersedia melalui APBN hanya sekitar Rp600 M.

Anggaran bisa dari sponsor dan jika memang dibutuhkan kami akan fasilitasi antara cabor dan sponsor.

Penjelasan ini terasa aneh, karena ketika tahu dana hanya ada Rp 600 M dan dari proposal yang masuk jelas tidak mencukupi, sponsor sudah harus dicari.

Yang lebih fatal lagi, tim verifikasi yang dibentuk tidak mengetahui seluk-beluk cabor yang diverifikasi.

Saya ambil contoh olahraga bridge yang saya geluti. Olahraga bridge di Asian Games 2018 akan mempertandingkan 6 nomor pertandingan, yaitu : Beregu Putra-putri, Campuran dan Super Mixed serta dua nomor pasangan, yaitu : pasangan putra dan campuran.
Seperti yang sudah dilakukan pada Test Event Asian Games 2018 di Depok, Jawa Barat, 28 Nopember – 5 Desember 2017.

Pada saat bertanding, nomor beregu diselenggarakan secara bersamaan untuk 4 nomor pertandingan.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help