Blog Tribunners

Empat Cara Mencegah Kanker Hati

Kanker hati merupakan jenis kanker yang cukup populer, kanker jenis ini juga terbilang sulit disembuhkan. Kanker hati bisa

Empat Cara Mencegah Kanker Hati
NET
Ilustrasi
TRIBUNNERS - Kanker hati merupakan jenis kanker yang cukup populer, kanker jenis ini juga terbilang sulit disembuhkan.
Kanker hati bisa disebabkan beragam hal seperti minum minuman beralkohol, merokok, makanan junk food dan penyakit hati seperti hepatitis.

Nah, karena jenis kanker ini sulit disembuhkan maka anda perlu mencegahnya. Dilansir dari jurnal American Cancer Society, berikut ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker hati. 

1. Cegah Penyakit Hepatitis

Faktor risiko terkena kanker hati semakin tinggi jika terkena infeksi kronis oleh virus hepatitis B (HBV) dan virus hepatitis C (HCV). Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui penggunaan jarum suntik bersama, kontak seksual yang tidak aman.
Untuk menekan risiko terkena penyakit kanker hati maka anda juga harus terhindar dari terifneksi virus tadi, Anda harus menghindari berbagi jarum suntik, kontak seksual yang sembarang atau melalui tranfusi darah yang tidak sesuai aturan. 

2. Hentikan kebiasaan Merokok dan Minum alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan risiko sirosis hati, dalam waktu yang lama sirosis dapat menyebabkan kanker hati. Merokok juga menyebabkan kerusakan hati.
Nah untuk itu Anda sebaiknya berhenti merokok dan minum alkohol agar membantu mencegah dan mengurangi berbagai jenis risiko kanker. 

3. Jaga berat badan 

Menurut beberapa penelitian, orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk terkena penyakit perlemakan hati, hal ini juga bisa menaikan faktor risiko terkena kanker hati. Nah untuk itu anda wajib sekali menjaga berat badan dalam konsisi ideal dan sehat. 

4. Kurangi penggunaan Bahan kimia pemicu kanker

Anda juga sebaiknya mengurangi makanan yang kandungan bahan pengawet atau bahan kimia yang terlampau banyak. Bahkan jika bisa anda merubah gaya hidup Anda dengan mencari bahan makanan yang bebas bahan kimia.
 

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help