Blog Tribunners

Warna Kotoran Telinga Tunjukkan Kesehatan Tubuh

Setiap kali ketika kamu ngorek kotoran telingamu, pernah gak sih kamu berpikir bahwa warna kotoran telingamu itu bisa punya artinya tersendiri?

Warna Kotoran Telinga Tunjukkan Kesehatan Tubuh
bright side
Kondisi kotoran telinga 

TRIBUNNERS - Setiap kali ketika kamu ngorek kotoran telingamu, pernah gak sih kamu berpikir bahwa warna kotoran telingamu itu bisa punya artinya tersendiri?

Pasti gak pernah kan? Padahal sebenarnya dari kotoran telinga kita yang kelihatannya menjijikan dan punya bau yang khas itu, kita bisa tahu dengan jelas kondisi tubuh kita itu kayak gimana.

Kotoran pada telinga bukanlah kumpulan dari debu yang bergabung menjadi satu dalam telinga kita, tapi sebenarnya dia adalah kelenjar alami yang dikeluarkan oleh tubuh kita sehingga dia bisa agak lengket ketika kita korek.

Kelenjar alami ini sendiri kemudian bercampur dengan asam lemak dan zat lainnya hingga menjadi gumpalan kotoran di telinga kita. Sebenarnya kotoran ini mempunyai fungsi untuk menjaga telinga kita supaya tidak kemasukan hewan, debu ataupun terinfeksi oleh kuman yang berada diluar tubuh kita.

Walaupun demikian, tetap disarankan untuk membersihkan telinga kita beberapa waktu sekali, supaya kita terhindar dari kotoran yang menumpuk dalam telinga kita dan akhirnya malah membuat pendengaran kita menjadi terganggu.

Kalau gitu, sebenarnya apa aja sih warna kotoran telinga yang harus kita waspadai mulai dari sekarang?


Warna kuning muda dan Agak lengket

Kotoran telinga berwarna kuning seperti ini merupakan kotoran telinga yang normal pada umumnya. Dia bisa berguna untuk menjaga kelembaban telinga kita dan mencegah telinga kita dari rasa gatal.


Warna abu-abu

Nah jangan panik dulu kalau kamu ngelihat warna yang seperti ini, karena ini masih termasuk warna kotoran telinga yang normal. Hanya saja yang membedakannya adalah metabolisme tubuhmu pada saat itu.


Warna kuning muda

Warna kuning muda seperti ini biasanya lebih banyak ditemukan pada anak kecil, tapi seiring pertumbuhan, warna seperti ini akan lama-kelamaan menghilang dengan sendirinya.


Warna hitam dan lengket

Ini pertanda bahwa jumlah keringat yang dihasilkan tubuhmu lebih banyak daripada kadar normalnya. Akibatnya tubuhmu akan mengeluarkan bau yang tidak enak.


Warna putih dan berbentuk seperti serbuk dan kering

Nah ini adalah warna kotoran telinga yang paling sehat loh! Biasanya orang yang memiliki warna kotoran telinga seperti ini lebih jarang memiliki masalah bau badan.

Ternyata perbedaan warna pada kotoran telinga ini punya arti yang lain ya! Nah kalau kamu menemukan gejala yang tidak baik seperti di atas, jangan tunggu lama-lama lagi ya!


Penulis: Belinda Tan
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help