Blog Tribunners

Lima Makanan yang Aktif Turunkan Kolesterol

Jumlah kolesterol jahat menumpuk di tubuh dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

Lima Makanan yang Aktif Turunkan Kolesterol
Tribun Lampung
Jus alpukat. 

TRIBUNNERS - Jumlah kolesterol jahat menumpuk di tubuh dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

Pemicu menumpuknya kolesterol di tubuh disebabkan karena kebiasaan buruk, seperti makan makanan tinggi lemak dan jarang berolaharga. Namun anda tidak perlu khawatir sebab kolesterol jahat juga bisa diturunkan dengan cara sederhana.

Dilansir dari laman Dailystar, Berikut ada beberpa makanan yang bisa melawan lemak dan kolesterol jahat di tubuh. 

1. Kacang-kacangan

Sebaiknya anda berhenti memakana ringan seperti keripikik asin, karena makanan tersebut juga bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol anda. Gantilah makanan tersebut dengan makanan seperti kacang-kacanagan

Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh ganda yang membantu menjaga pembuluh darah Anda tetap sehat. Selain itu, Sebuah penelitian terbaru oleh Loma Linda University di California menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 67g kacang per hari, atau sekitar segenggam tangan, dapat mengurangi jumlah kolesterol sebesar 5,1%. 

2. Roti Berbahan Gandum

Gandum adalah makanan yang sangat kaya serat, makanan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Roti gandum juga lebih sehat ketimbang roti terbuat dari bahan lainnya. 

3. Kentang

Banyak orang menganggap kentang bisa menyebabkan kegemukan dan meningkatkan jumlah kolesterol. Namun anggapan tersebut salah, asal anda mengkonsumsi kentang dengan cara merebusnya. Karbohidrat pada kentang sangat rendah namun kaya nutrisi lemak sehat yang berguna sekali menurunkan kadar kolesterol. 

4. Alpukat

Sebuah studi dari Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa rutnin makan buah alpukat bisa menurunkan kadar LDL jahat. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan asam lemak tak jenuhnya sangat tinggi yang berguna sekali untuk memerangi jumlah kadar kolesterol dalam tubuh. 

5. Kedelai

Kedelai adalah sumber makanan yang kandungan serat , protein dan omega-3 yang banyak kandungan ini bukan hanya bisa menurunkan kadar kolesterol anda melainkan bisa juga untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan kesehatan jantung

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help