Blog Tribunners

4 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dimakan Mentah

Memakan makan segar tanpa dimasak dianggap lebih sehat, makan makanan tersebut dianggap memiliki nutrisi yang...

4 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dimakan Mentah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - Memakan makan segar tanpa dimasak dianggap lebih sehat, makan makanan tersebut dianggap memiliki nutrisi yang masih komplit sehingga berguna untuk tubuh.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi semua makanan. Karena beberapa makanan bisa lebih berguna jika dimasak lebih dulu.

Memasak akan menghancurkan dinding sel makanan dan membantu nutrisi dalam makanan agar bisa diserap lebih mudah oleh tubuh. Dilansir dari laman suckhoedoisong.vn, berikut daftar makanan yang dianjurkan untuk dimasak terlebih dahulu.

1 Wortel

Anda pernah mendengar orang mengatakan  bahwa wortel bagus untuk mata, tapi tahukah Anda mengapa bisa begitu?

Ini karena wortel adalah makanan yang kaya senyawa yang disebut beta karoten, yang juga merupakan komponen yang membuat wortel berwarna oranye. 

Di dalam tubuh, beta-karoten akan berubah menjadi vitamin A dan sangat penting untuk melindungi mata agar tetap sehat. Alasan wortel lebih baik dimakan setelah dimasak ternyata sangat baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 menunjukkan bahwa ketika dimasak, wortel memiliki kadar beta karoten yang lebih tinggi dan tubuh akan dapat menyerapnya dengan lebih baik. Itu berarti jumlah senyawa yang melindungi mata akan semakin banyak.

2 Tomat

Menurut sebuah studi di  Journal of Food Sciences and Nutrition ,mengkonsumsi tomat mentah hanya memberikan sekitar 4% likopen (antioksidan kuat yang terkandung dalam tomat).

Alasannya karena tomat mentah memiliki dinding sel tebal dan ini mencegah tubuh menyerap lycopene lebih sulit. Namun, bila dimasak, lycopene menjadi semakin meningkat dan tubuh akan menyerapnya dengan lebih baik.

3 Labu

Labu mirip dengan wortel, kaya akan antioksidan beta karoten, untuk meningkatkan jumlah senyawa beta-karoten disarankan untuk dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.

4 Asparagus

Tanaman hijau ini kaya akan vitamin yang bisa mencegah penyakit kanker, seperti vitamin A, C dan E, serta folat. Namun, karena dinding selnya cukup tebal, sangat sulit bagi tubuh kita menyerap nutrisi dari asparagus jika dimakan mentah.

Pemasakan asparagus sangat diperlukan agar  membantu memecah sel seratnya untuk membuat tubuh menyerap vitamin lebih mudah.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help