Tribunners / Citizen Journalism

Boleh Saja Capres Berlatih Tinju Atau Pencak Silat, Tapi Miliki Jiwa Satria

Menarik juga ketika calon presiden (capres) memasuki tahun Pilpres 2019 mulai melatih diri olahraga ilmu bela diri apa itu tinju, judo, karate

Boleh Saja Capres Berlatih Tinju Atau Pencak Silat, Tapi Miliki Jiwa Satria
foto Alex Palit
Bambu unik Trisula 

Oleh: Alex Palit

Menarik juga ketika calon presiden (capres) memasuki tahun Pilpres 2019 mulai melatih diri olahraga ilmu bela diri apa itu tinju, judo, karate, kungfu atau pencak silat, atau juga panco.

Siapa tahu dalam debat Pilpres 2019 nanti setiap capres juga disyaratkan untuk unjuk peragakan ketrampilan jurus bela diri, atau malah ada adu panco.  

Di sini saya tidak ingin berandai-andai apakah nantinya ada persyaratan seseorang yang akan mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) di laga kompetisi Pilpres 2019 disyaratkan memiliki ketrampilan olahraga jago bertinju, judo, karate, kungfu atau pencak silat.  

Pastinya tidak ada larangan bagi capres untuk berlatih atau memperdalam ilmu olahraga bela diri yang disukai tinju, judo, karate, kungfu atau pencak silat agar senantiasa raganya tetap sehat, bugar dan prima.

Boleh-boleh saja dan tak ada larangan siapa pun capresnya yang nantinya maju di laga kontestasi Pilpres 2019 untuk membekali diri dengan ketrampilan olahraga bela diri tinju, judo, karate, kungfu atau pencak silat. Termasuk membekali diri memperdalam ilmu ketrampilan silat lidah.

Tapi jangan lupa, siapa pun itu capresnya hendaknya tidak sekadar memperdalam ilmu raga, tapi juga membekali diri dengan ngelmu olah batin yaitu jiwa satria.

Di artikel ini saya sengaja menampilkan foto bambu unik trisula sebagai simbolisasi sebagaimana merujuk pada ramalan Prabu Jayabaya prihal Ratu Adil, bahwa seorang pemimpin (baca: Ratu Adil) harus bersenjatakan trisula.

Di mana makna trisula ini dalam konsep Ratu Adil bahwa seorang pemimpin itu harus berjiwa atau memiliki karakter Satria Bhayangkara, Satria Panandita, danSatria Raja.

Pertama, berjiwa “Satria Bayangkara” yaitu sosok pemimpin yang memiliki kewibawaan dan ketegasan dalam bersikap dan bertindak.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help