Blog Tribunners

3 Bahan Alami yang Bisa Larutkan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan masalah serius yang bisa memicu kerusakan organ ginjal Anda.

3 Bahan Alami yang Bisa Larutkan Batu Ginjal
KOMPAS.com
batu ginjal 

 TRIBUNNERS - Batu ginjal merupakan masalah serius yang bisa memicu kerusakan organ ginjal Anda.

Batu ginjal biasanya terbentuk dari endapan mineral, garam dan bahan lainnya. Batu ginjal dipicu oleh kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti makanan tinggi lemak, makanan tinggi purin, makanan tinggi garam, sering minum alkohol, minuman soda dan sedikit minum air putih.

Batu ginjal biasanya bisa keluar sendiri jika ukurannya masih kecil, namun jika ukurannya besar maka batu ginjal sulit keluar sehingga akan tersumbat dan akan memicu rasa nyeri yang hebat. Saat ukurannya membesar maka perlu operasi pengaluaran, Namun metode ini cukup berisiko.

Nah selain melalui operasi ada juga cara alami yang bisa bantu mengeluarkan batu ginjal. Nah berikut ada beberapa caranya:

1 Jelatang

Tanaman jelatang ternyata bisa membantu menyingkirkan batu ginjal. Tanaman ini juga bisa mengobati saluran kemih yang terluka akibat batu ginjal.

Caranya mudah, Anda tinggal mengambil beberapa helai daun tanaman jelatang lalu bersihkan setelah itu Anda bisa merebusnya dengan air putih. Jika telah mendidih, tiriskan kedalam gelas.

Minum ramuan herbal ini setidaknya 2 kali sehari, minuman herbal ini bisa menghancurkan batu ginjal menjadi ukuran lebih kecil sehingga bisa keluar dengan sendiri.

2 ‎Randa Tapak

Randa tapak atau sering rumput dandelion sangat berguna sekali bagi kesehatan ginjal, terutama dalam membantu mengeluarkan batu ginjal.

Tanaman ini mengangandung vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, kalium, zat besi, seng. Anda tinggal mengambil tanaman randa tapak, lalu bersihkan dan rebus bersama air putih.

Halaman
12
Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help