Tribunners / Citizen Journalism

Keindonesiaan Prabowo Subianto

Jelang Pilpres 2014, saya menulis “Keindonesiaan Gerindra”. Dan jelang memasuki tahun politik Pilpres 2019, saya ingin menuliskannya lagi

Keindonesiaan Prabowo Subianto
Foto Dany Permana - Tribunnews.com
Prabowo Subianto (Foto Dany Permana - Tribunnews.com) 

Oleh: Alex Palit

Jelang Pilpres 2014, saya menulis “Keindonesiaan Gerindra”. Dan jelang memasuki tahun politik Pilpres 2019, saya ingin menuliskannya lagi tapi kali ini dengan judul “Keindonesiaan Prabowo Subianto”.

Dalam hal ini saya masih tetap yakin seyakin-yakinnya Prabowo Subianto tidak akan berpaling apalagi sampai menghianati makna filosofis lambang dan simbolisasi partainya yaitu kepala burung garuda atas partai yang ia dirikan.

Dalam hal ini saya juga masih yakin seyakin-yakinnya bahwa Prabowo Subianto sebagai  akan berdiri tegak tegar demi Indonesia Raya, demi Merah Putih, demi Bhinneka Tunggal Ika, dan demi NKRI.

Sebagai pendiri dan tokoh sentral Gerindra, Prabowo Subianto pastinya tidak main asal dalam membuat mendesain gambar kepala burung garuda sebagai lambang partinya.

Pastinya di situ tersirat simbolisasi nilai-nilai dan makna yang terkadung di lambang kepala burung garuda dan nama Indonesia Raya itu sendiri. Semuanya itu pastinya melewati kontemplasi mendalam atas makna di balik simbolisasi lambang tersebut.

Dari sini dan dari simbolisasi makna lambang atas partai bentukan yang ia dirikan  setidaknya mencerminkan nilai-nilai filosofi ideologis personality Prabowo dan juga spirit partainya, Gerindra.

Sebagai orang yang pernah berbincang panjang lebar terhitung delapan jam dalam dua kali bertemu dengan Prabowo di Hambalang – Bogor, banyak hal obrolan yang kita obrolkan dari yang serius, remeh temeh diselingi gelak tawa, sampai yang off the record.

Saya bukan pengamat politik bergelar S3. Saya hanyalah seorang citizen jurnalis yang menulis apa saja dan apa adanya. Termasuk menuliskan apa adanya yang saya ketahui secara personal dari apa dan siapa Prabowo di mata saya, termasuk terutama keindonesiaan Prabowo.

Setidaknya dari obrolan panjang lebar dengan pendiri dan ketua umum Gerindra, saya merekam dan bisa merasakan serta merasakan atmosfir kebatinan keindonesiaan seorang Prabowo Subianto.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help