Tribunners / Citizen Journalism

5 Manfaat Donor Darah yang Harus Anda Ketahui

Di zaman hampir semua barang bisa diproduksi, dibangun kembali dan didesain ulang, para ilmuwan masih tidak dapat menciptakan darah buatan.

5 Manfaat Donor Darah yang Harus Anda Ketahui
TRIBUN/HO
Ilustrasi donor darah 

TRIBUNNEWS.COM - Di zaman hampir semua barang bisa diproduksi, dibangun kembali dan didesain ulang, para ilmuwan masih tidak dapat menciptakan darah buatan.

Ini berarti orang yang membutuhkan transfusi darah masih harus bergantung sepenuhnya pada sumbangan darah orang lain.

Sayangnya, sumbangan yang ada masih belum mampu mengimbangi kebutuhan darah di berbagai tempat.

Baca: Permudah Pelayanan Kependudukan untuk Mantan Napi Teroris, Ini Langkah BNPT

Berikut adalah beberapa fakta menarik dan mengkhawatirkan tentang donor darah yang mungkin bisa membuat Anda lebih tertarik untuk menyumbangkan darah Anda.

1. Baik Untuk jantung

Aliran dan volume darah merupakan faktor penting menjaga detak jantung. Itu sebabnya, mendonorkan darah dengan teratur sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung, kata DeChristopher, M.D., Ph.D., direktur bank darah Loyola University Health System.

Menurut Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara teratur dapat membantu mengurangi kekentalan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan mencapai jantung dengan lebih cepat.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Menyumbangkan darah dapat mengurangi risiko kanker. Zat besi, salah satu mineral utama dalam darah, dikenal dapat meningkatkan jumlah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help