Tribunners / Citizen Journalism

Catatan dari Makkah Al-Mukarramah: Dibalik Pertemuan Amien Rais-Prabowo S Indahnya Jalan Allah

Meski malam sudah mendekati ujung, masjidil Haram justru semakin dipadati umat. Warna putih mendominasi. Rombongan kami bergerak kembali ke arah Kabah

Catatan dari Makkah Al-Mukarramah: Dibalik Pertemuan Amien Rais-Prabowo S Indahnya Jalan Allah
ist

Oleh M. Nigara

ALHAMDULILLAH, putaran ketujuh dari bukit Shofa ke bukit Marwah, Sa'i, rangkaian ibadah umrah selesai. Jam yang melingkar di tangan kanan saya menunjukkan angka 23.15 waktu Masjidil Haram. Saat itu hari Jumat, 1 Juni 2018.

Pak Amien Rais lalu mimpin doa dan menggunting rambut kami. Diawali menggunting rambut putra sulungnya, Hanafi, ustadz Slamet Maarif, Ketua PA 212, ustadz Shambo, sahabat Prabowo sejak di Yordan, Ridho, menantunya dari putri keempatnya Tasnim, Alam Aribrata, sahabat Hanafi, Ismail, Raden Tedi, dan saya. Setelah itu, banyak jemaah umrah dari tanah air yang menyeruak meminta Pak Amien juga memotong rambut mereka sebagai tanda bahwa ritual umroh telah selesai.

Meski malam sudah mendekati ujung, masjidil Haram justru semakin dipadati umat. Warna putih mendominasi. Rombongan kami bergerak kembali ke arah Kabah.

"Kita doa lagi di sana ya," ajak Pak Amien.

Di bawah pintu King Abdul Aziez, kami bersimpuh. Semua tenggelam dengan doa masing-masing. Hampir 40 menitan ketika Ismail tiba-tiba mengatakan kepada Pak Amien bahwa o8 (panggilan spesial Prabowo) sedang menuju ke sini.

"Ke Mekah?" tanya Pak Amien.

"Ke mesjidil Haram bapak," jawab Ismail.

Alhamdulillah, begitu kami mengucap secara bersama seperti paduan suara.

Setelah sepuluh menit, Ismail menjelaskan bahwa o8 sudah memasuki lingkaran Ka'bah. Wajah-wajah kami yang awalnya kelelahan, catatan rombongan kami baru tiba tepat menjelang isa di Mekah setelah sekitar enam jam berkendara dari Madinah, sontak ceria.

Halaman
1234
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help