Blog Tribunners

Pantangan untuk Penderita Kista Ovarium

Kista merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh di ovarium. Kista umumnya akan muncul ketika periode haid, dan akan hilang dengan sendirinya se

Pantangan untuk Penderita Kista Ovarium
TribunSumsel.com/Linda Trisnawati
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Kista merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh di ovarium. Kista umumnya akan muncul ketika periode haid, dan akan hilang dengan sendirinya setelah periode haid selesai.

Namun ada pula kista yang tetap berkembang di ovarium, padahal bukan dalam masa periode haid. Kista bisa berisi cairan kental, nanah, dan udara. Sewaktu-waktu kista ini dapat pecah dan mengeluarkan isinya.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup kuat. Walaupun kista termasuk golongan tumor jinak, kista bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Seperti menganggu kesuburan, bahkan menimbulkan kanker.

Beberapa gejala yang biasanya dialami oleh wanita penderita kista adalah :

  • Perut membesar atau bengkak
  • Rasa mual hingga muntah
  • Nyeri pada daerah panggul
  • Mudah kenyang, padahal sedikit makan
  • Sulit Buang Air Besar
  • Saat melakukan hubungan intim terasa sakit
  • Periode menstruasi tidak normal

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium

Kista bisa terus tumbuh dan membesar jika dibiarkan. Jika ukuran kista sudah cukup besar, dokter akan menganjurkan operasi untuk mengeluarkan kista tersebut. Agar kista tidak membesar dan tumbuh dalam ovarium, simaklah beberapa tips berikut :

Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak

Gorengan santan, dan daging merah adalah contoh dari makanan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Kenapa harus dihindari? karena lemak bisa meningkatkan pertumbuhan kista dalam ovarium.

Anda dianjurkan mengkonsumsi daging putih seperti ikan dan ayam yang lebih tinggi kadar proteinnya dan lebih sedikit kandungan lemaknya. Selain itu, pengolahan daging putih yang baik adalah dengan mengkukusnya atau merebusnya bersama sayuran seperti brokoli, dan wortel.

Hindari mengkonsumsi buah-buahan tertentu

Halaman
12
Penulis: walatra herbal
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help