Tribunners / Citizen Journalism

Mudik Lebaran 2018

Kapolri Pantau Arus Balik di Pos Gringsing

Demi memastikan kelancaran arus balik lebaran tahun 2018 Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, beserta pejabat Mabes Polri secara langsung kembali mela

Kapolri Pantau Arus Balik di Pos Gringsing
Tribunnews.com/Dennis Destriyawan
Kapolri Jenderal Tito Karnavian 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Demi memastikan kelancaran arus balik lebaran tahun 2018 Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, beserta pejabat Mabes Polri secara langsung kembali melaksanakan pemantauan arus balik via udara ke Pos Pelayanan Terpadu Gringsing Jawa Tengah, Selasa, (19/06/2018).

Dalam kegiatan ini Kapolri didampingi oleh beberapa Pejabat Utama Mabes Polri antara lain Asops Kapolri Deden Juhara, Karo Provost Divpropam Polri Brigjen Pol Refdi Andri, dan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Baca: Asian Sailing Championship Diresmikan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Berdasarkan hasil pantauan dari udara, tampak kepadatan antrian kendaraan sudah mulai memadati di beberapa ruas jalan, tetapi dengan diberlakukannya sistem one way (satu arah) kemacetan yang terjadi dapat segera terurai.

Pemberlakuan sistem one way ini dilakukan pada setiap jalur tol, mulai dari tol Grinsing, Jawa Tengah menuju tol Cawang, Jakarta yang akan menyesuaikan dengan situasi di masing-masing jalur tol. Sehingga upaya ini berlaku situasional melihat kepadatan arus lalu lintas.

Selain itu, rest area yang digunakan sebagai tempat persinggahan para pemudik juga turut menjadi salah satu faktor penyumbang perlambatan laju kendaraan yang berdampak kepada pengendaraan lainnya.

Sehingga Polri mengambil langkah antisipasi dengan melakukan sistem buka tutup untuk menghindari penumpukan dan mengalihkan kendaraan ke rest area lainnya.

Baca: Rusia vs Mesir: Mohamed Salah Jadi Starter

Berdasarkan paparan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono bahwa data kejahatan di wilayah Polda Jawa Tengah pada tahun 2018 ini turun hingga 20,04 % dan laka lantas sebesar 16%.

Sedangkan terkait volume kendaraan dibidang lalulintas H-2 yang menjadi puncak arus mudik, per tanggal 17 Juni 2018 yang merupakan arus balik terjadi peningkatan sekitar 37.534 kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Tengah.

Untuk itu, apabila terjadi antrian sepanjang 3 KM maka pihak Polda Jawa Tengah akan memberlakukan sistem satu arah dan pengratisan tol berkordinasi dengan stakeholder lainnya.

Selain itu, ada beberapa kejadian yang menjadi atensi publik yaitu adanya video anggota Polri yang membantu mobil pemudik yang mogok dan menjadi viral, sehingga dari pihak Polda kemarin memanggil yang bersangkutan dan memberikan penghargaan atas ketulusannya menjalankan tugas dan melayani masyarakat.

Halaman
12
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help