Blog Tribunners

Mengenali Gejala Gangguan Batu Empedu

Batu empedu adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras yang dapat terbentuk di kandung empedu Anda.

Mengenali Gejala Gangguan Batu Empedu
majalahkesehatan.com
Batu empedu

TRIBUNNERS – Batu empedu adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras yang dapat terbentuk di kandung empedu Anda.

Kandung empedu Anda adalah organ kecil berbentuk buah pir di sini kanan perut Anda,lebih tepatnya persis di bawah hati Anda.Ini adalah kantong yang menyimpan empedu,cairan hijau-kuning yang di lepaskan ke usus kecil Anda untuk membantu pencernaan.

Batu empedu memiliki ukuran mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf.Beberapa orang mengembangkan hanya beberapa batu empedu,sementara yang lain mengembangkan banyak batu empedu pada saat yang bersamaan.

Tidak adanya gejala yang mendasari membuat Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memilikinya sampai mereka memblokir saluran empedu,menyebabkan rasa sakit yang perlu Anda obati segera.

Orang-orang yang mengalami gejala dari batu empedu biasanya membutuhkan operasi pengangkatan kandung empedu. Batu empedu yang tidak menyebabkan tanda dan gejala apapun biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Batu empedu tidak menyebabkan tanda atau gejala pada tahap awal.Namun jika batu empedu bersarang di saluran dan menyebabkan penyumbatan,tanda dan gejala yang dihasilkan dapat meliputi :

Mual
Diare
Muntah
Nyeri yang mendadak dan meningkat secara cepat dibagian kanan atas perut Anda
Nyeri di perut bagian atas dan punggung bagian atas yang berlangsung selama beberapa jam
Masalah infeksi pencernaan lainnya termasuk kembung,pencernaan,mulas dan gas
Nyeri punggung antara tulang belikat Anda
Nyeri di bahu kananmu
Batu Empedu Tanpa Gejala
Batu empedu sendiri tidak menyebabkan rasa sakit. Sebaliknya,rasa sakit terjadi ketika batu empedu menghalangi pergerakan empedu dari kandung empedu.

Selengkapnya

Penulis: arijahari
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help