Blog Tribunners

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Merusak Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting fungsinya untuk kehidupan, dimana ginjal ini bertugas untuk menghilangkan kotoran atau cairan berlebi

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Merusak Ginjal
kompasiana
ginjal
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting fungsinya untuk kehidupan, dimana ginjal ini bertugas untuk menghilangkan kotoran atau cairan berlebih pada tubuh. Tidak hanya itu ginjal juga berfungsi untuk mengatur garam, kalium serta kadar asam, menstabilkan tekanan darah, dan lainnya.
 
Tentunya saat ginjal mengalami kerusakan atau gangguan fungsi keseluruhan tubuh juga akan itu terganggu. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan ginjal menjadi rusak, dan tahukah Anda bila ternyata ada beberapa makanan serta minuman yang bisa mengakibatkan ginjal menjadi rusak? Berikut ini beberapa diantaranya.
 
1. Makanan Olahan
 
Jenis makanan satu ini menjadi salah satu yang banyak difavoritkan orang, selain karena lebih praktis makanan olahan juga mempunyai rasa yang lezat. Namun ternyata dalam sebuah penelitian terbukti bila makanan asupan makanan fosfor tinggi seperti makanan olahan ini bisa menjadi ancaman bagi ginjal.
 
2. Makanan Tinggi Garam
 
Makanan berikutnya ialah yang mengandung garam tinggi, dimana makanan dengan rasa asin ini termasuk salah satu yang banyak digemari. Tetapi konsumsi dalam jumlah berlebihan bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti hipertensi. Tidak hanya itu garam juga tinggi akan kalsium yang membuat ginjal mengalami penurunan fungsi, hal ini bisa memicu terjadinya batu ginjal.
 
3. Minuman Berkarbonasi
 
Selanjutnya ada minuman berkarbonasi atau bersoda yang memang mempunyai rasa menyegarkan namun tetap bila di konsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini karena bisa mengakibatkan rusaknya tubuh termasuk ginjal, minuman karbonasi tinggi akan gula yang bisa membuat fungsi ginjal menurun.
 
4. Makanan Yang Digoreng
 
Makanan yang bisa merusak ginjal berikutnya ialah yang di goreng, jenis makanan satu ini termasuk yang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan enak. Namun konsumsi terlalu banyak dan sering juga tidak baik untuk tubuh, hal ini karena makanan yang digoreng bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dimana kolesterol yang tinggi akan memberatkan kerja ginjal serta bisa mengakibatkan berbagai penyakit jantung.

Selengkapnya

Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved