Blog Tribunners

Waspada, Ini Pemicu Asam Urat Tinggi di Tubuh

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian, ketika anda menderita asam urat tinggi maka aktivitas akan terganggu akibat peradangan yang di

Waspada, Ini Pemicu Asam Urat Tinggi di Tubuh
grid.id
Cara alami kurangi kadar asam urat tubuh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian, ketika anda menderita asam urat tinggi maka aktivitas akan terganggu akibat peradangan yang disebabkan oleh kristal asam urat yang menumpuk.

Rasa nyeri dan panasnya bahkan kadang membuat seseorang tersiksa karena rasa sakitnya yang luar biasa. Asam urat ini bisanya dipicu oleh makanan tinggi purin, namun selain makanan ada faktor lain penyebab asam urat tinggi. Apa saja itu? simak berikut ini.

1. Usia Anda

Asam urat merupakan penyakit yang rentan terjadi pada orang lanjut usia diatas 40 tahun. Walau memang bisa terjadi pada anak muda namun kasusnya masih jarang. Kekebalan dan oragn penting seperti ginjal saat masuk usia 40 tahun biasanya sudah menurun dalam menyaring asam urat, akhirnya ginjal akan kesulitan menyekresi asam urat dan terjadilah penumpukan dalam tubuh.

2. Penyakit tertentiu meningkatkan asam urat

Orang yang memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga rentan kena asam urat tinggi, apalagi jika memiliki penyakit diabetes maka risiko Anda terkena asam urat akan meningkat 4 kali lebih besar.

3. Lelaki lebih rentan

Faktor lainnya adalah gender, lelaki ternyata lebih tinggi berpeluang menderita asam urat tinggi pada hidupnya ketimbang wanita. penyebab ini berkaitan erat dengan kebiasaan merokok dan jarang olahraga.

4. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu untuk penyembuhan penyakit lain juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. misalnya obat aspirin sebagai penahan rasa sakit, jenis obat ini jika dikonsumsi secara rutin dapat meningakatkan risiko penyakit asam urat.

5. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol tidak baik untuk kesehatan secara menyeluruh, tak hanya merusak jantung minum alkohol dapat merasang produksi asam urat tinggi.

Selengkapnya

Penulis: Goldokter
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help