Tribunners / Citizen Journalism

Partisipasi Publik Melawan Korupsi Akan Kian Menurun

Kredibilitas KPK sebagai satu-satunya institusi penegak hukum dalam tindak pidana korupsi yang dipercaya publik akan kian tergerus karena dianggap tid

Partisipasi Publik Melawan Korupsi Akan Kian Menurun
net
ilustrasi korupsi hakim nakal

Dikirimkan oleh Adhie M Massardi, Kordinator GIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kredibilitas KPK sebagai satu-satunya institusi penegak hukum dalam tindak pidana korupsi yang dipercaya publik akan kian tergerus karena dianggap tidak responsif terhadap berbagai pengaduan dari masyarakat.

"Padahal seharusnya KPK cepat tanggap terhadap isu-isu korupsi yang bukan hanya merugikan keuangan negara, tapi juga mengganggu hajat hidup orang banyak, yang terungkap di ranah publik, seperti skandal impor berbagai produk pertanian dan yang menyangkut pejabat tinggi di negeri ini.

Padahal seharusnya KPK paham bahwa isu-isu korupsi besar selalu melibatkan para penguasa, sehingga respon yang lamban dari penegak hukum (KPK) akan dengan sangat mudah disulap menjadi pencemaran nama baik, yang membuat pengungkapnya bisa lekas dituduh balik untuk dijadikan tersangka pencemat nama baik sang koruptor.

Baca: Di Depan Teman-temannya, El Barack Akui Richard Kyle Sebagai Ayah

Apa yang terjadi pada DR Rizal Ramli dan yang siap dijatuhkan kepada teman-teman di IndonesiaLeak semata akibat kurang responsifnya KPK dalam menindaklanjuti temuan masyarakat.

Saya percaya, melihat kasus-kasus pembalikkan tuduhan (pencerman nama baik) kepada orang-orang yang berniat melawan korupsi di negeri ini, akan memupus keterlibatan publik dalam pemberantasan korupsi.

Kalau hal ini berul-betul terjadi, yang rugi bukan hanya KPK yang tidak akan lagi didukung masyarakat saat menghadapi tekanan kekuasaan, tapi seluruh rakyat Indonesia akan merugi.

Baca: Survei Litbang Kompas Prabowo Kalah, Zulkifli: Yang Penting Trennya Naik

Jangan sampai para koruptor merasa difitnah hanya karena skandal korupsinya tidak disentuh (aparat) hukum.

Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved