Blog Tribunners

Makanan Sehat untuk Penderita Pengapuran Tulang

Penyakit pengapuran tulang merupakan salah satu penyakit tulang yang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia saja.

Makanan Sehat untuk Penderita Pengapuran Tulang
Daging ikan salmon 

TRIBUNNERS - Penyakit pengapuran tulang merupakan salah satu penyakit tulang yang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia saja.

Karena, menurut hasil studi yang dilakukan para ahli menyatakan bahwa pengapuran tulang dapat juga menyerang seseorang yang berusia 25 tahun dengan penyebab yang beragam, salah satunya adalah dengan kelebihan berat badan. Biasanya, penyakit yang satu ini mempunyai gejala seperti tulang sulit bergerak, bengkak, dan juga kaku.

Tidak hanya membuat aktivitas menjadi terhambat, seseorang penderita pengapuran tulang pun akan menjadi lebih sulit untuk menyiapkan menu makanan hariannya. Begitu banyaknya pantangan para penderita pengapuran tulang, sehingga mereka menjadi sulit untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat bagi tulang mereka.

Maka dari itu, anda hanya perlu untuk melihat daftar makanan berikut ini agar tidak mengalami kebingungan dalam mengkonsumsi makanan yang tepat bagi penderita pengapuran tulang.

1 Tahu
Menurut Dr. Brendan Lee yang mengatakan bahwa metabolisme tulang rawan sangat dipengaruhi oleh berbagai protein di dalam tubuh. Nampaknya, protein sendiri merupakan zat pembentuk kolagen. Fungsi dari kolagen itu sendiri agar dapat menguatkan tulang supaya tidak mudah rapuh.

Hal tersebut ternyata terdapat di dalam tahu. Siapa yang menyangka bahwa makanan yang berbahan dasar kedelai ini mampu memulihkan gejala pengapuran tulang secara efektif. Selain itu, makanan yang satu ini dapat bekerja secara cepat dalam mengurangi pembengkakan pada lutut. Tidak hanya itu saja, tahu juga mampu meminimalkan rasa sakit di sekujur tulang dan sendi.

2 Oatmeal
Makanan yang memiliki kandungan tinggi serat ini, seringkali menjadi menu sarapan baik dan sehat bagi penderita jenis-jenis penyakit jantung. Namun, apakah anda sudah mengetahui bahwa oatmeal juga sangat baik bagi penderita pengapuran tulang. Selain untuk bermanfaat bagi tulang, anda juga dapat mengkonsumsi oatmeal untuk menjaga kesehatan jantung dan seluruh tubuh.

3 Selai Kacang
Untuk mengatasi penyakit pengapuran tulang ini, coba untuk mengkonsumsi selai kacang secara rutin dan teratur. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh National Instite of Health menyatakan bahwa selai kacang mengandung niacinamide yang mampu mengatasi bengkak. Hasil dari penelitian tersebut cukup berdampak signifikan terhadap pasien pengapuran tulang ini.

Selai kacang sendiri terbuat dari kacang tanah yang kemudian digoreng, lalu ditumbuk sampai halus. Apabila sudah, kombinasikan dengan menambahkan garam dan juga gula. Biasanya, sering dijadikan sebagai campuran kue lapis atau roti tawar.

4 Bawang Putih
Bahan bumbu dapur ini mungkin sudah diketahui banyak orang akan manfaat dan khasiatnya. Mungkin kebanyakan dari anda ketika di masakan terdapat irisan bawang putih, anda langsung membuanganya karena tidak suka. Hal tersebut karena dari bau bawang putih dan efek samping bawang putih yang seringkali mengkhawatirkan. Namun, justru mengkonsumsi bawang putih setiap hari sebanyak 1-2 siung dapat membantu supaya tulang tergecah dari penipisan.

Menambahkan bawang putih ke dalam masakan dan mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan tersebut dapat dilakukan, namun jika anda ingin mengkonsumsinya secara langsung juga tidak apa-apa. Jika ingin mengkonsumsinya secara mentah-mentah, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal tersebut akan berakibat buruk terhadap kondisi kesehatan anda.

5 Kacang Polong
Makanan yang memiliki serat tinggi ini juga mempunyai kandungan protein serta 7 mineral dan 8 vitamin yang akan membantu menjaga kesehatan anda dengan baik. Bagi penderita pengapuran tulang, anda bisa mengkonsumsi kacang polong ini secara rutin agar memaksimalkan penyembuhan dari pengapuran tulang itu sendiri.

Tidak hanya kandungan tersebut saja, terdapat juga kandungan vitamin B6 serta vitamin K dengan folat yang akan sangat berguna dan baik untuk meningkatkan kesehatan tulang secara maksimal.

6 Ikan Salmon
Bukan hanya rasanya yang lezat, ikan salmon ini juga dapat mengatasi peradangan pada gejala pengapuran tulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Arthritis Foundation menyatakan bahwa hewan laut ini mengandung omega-3 yang bisa menjadi zat antiperadangan alami. Apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur, bukan tidak mungkin akan dapat membantu meredakan pembengkakan akibat pengapuran tulang ini.

Selengkapnya

Penulis: Alit Kurniawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved