Tribunners / Citizen Journalism

Dari Debat Pilpres 2019 Soal Terorisme, Jawabannya Ada di Prabowo Subianto

Diangkat dari pentas debat Pilpres 2019 prihal penanggulangan terorisme, jawabannya ada di Prabowo Subianto.

Dari Debat Pilpres 2019 Soal Terorisme, Jawabannya Ada di Prabowo Subianto
dok alex palit
Prabowo Subianto saat masih bertugas di militer 

Oleh: Alex Palit

Diangkat dari pentas debat Pilpres 2019 prihal penanggulangan terorisme, jawabannya ada di Prabowo Subianto.

Di sini saya sengaja tidak ingin mengomentari apa yang disampaikan oleh pasangan capres – cawapres No.01, Jokowi–Ma’ruf Amin. Karena jawabannya saya anggap sangat normatif dan apa yang disampaikan itu tak lebih dari sekadar wacana seperti orang berkhotbah.

Pastinya beda dengan jawaban pasangan No.02, Prabowo Subianto yang langsung menukik ketika menjawab pertanyaan prihal penanggulangan terorisme.

“Saya bersama dengan Pak Luhut Panjaitan pasukan anti teror yang pertama,” ungkap Prabowo.

Sebagai orang yang pernah bertugas di militer, di pasukan anti teror komando pasukan khusus (kopassus) TNI-AD, pastinya capres No.02 ini paham betul prihal terorisme, termasuk dalam hal taktis strategis penanggulangannya.

Bahkan ketika berdinas di kopassus, Prabowo yang dikenal dengan 08 ini telah menunjukkan bukti nyata pencapaian prestasinya saat memimpin satuan pasukan elit TNI-AD ini.

Di medan tempur, bersama pasukan Den 28 Kopassus yang dipimpinnya, Prabowo yang saat itu berpangkat kapten berhasil melumpuhkan dan menembak Nicolau Lobato, pimpinan puncak gerombolan Fretilin dalam sebuah pertempuran di lembah Mindelo, Timor Timur, 31 Desember 1978.

Sekembali dari bertugas di Timor Timur, karir Prabowo terus menanjak dan berkibar. Di tahun 1983, ia dipercaya sebagai Wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teroris (Gultor) – Kopassus.

Berikutnya, setelah menyelesaikan pelatihan anti teror "Special Forces Officer Course" di Fort Benning, Amerika Serikat, Prabowo diberi tanggungjawab sebagai Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved