Blog Tribunners

3 Makanan Penurun Gula Darah

Kadar gula tinggi, atau biasa disebut sebagai hiperglikemia, biasa ditemukan pada orang yang mempunyai penderita diabetes

3 Makanan Penurun Gula Darah
norecipes.com
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Kadar gula tinggi, atau biasa disebut sebagai hiperglikemia, biasa ditemukan pada orang yang mempunyai penderita diabetes dan mengalami gangguan pada hormon insulin.

Bila kadar gula darah tinggi tidak ditangani, hal ini bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh, kondisi koma, atau bahkan kematian.

Penyakit diabetes merupakan adanya kondisi tubuh yang mana kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat memicu naiknya kadar gula darah tersebut, seperti nasi putih, dan pasta.

Termasuk makanan yang berbahan dasar tepung, seperti roti. Jangan keliru, bahkan susu, buah-buahan tertentu, dan hidangan penutup bisa mengandung karbohidrat tinggi.

Makanan Penurun Gula Darah

Berikut ini adalah beberapa makanan penurun gula darah yang bisa Anda konsumsi sebagai mengurangi kadar gula.

1. Telur

Memiliki protein, mengkonsumsi terlur sehari 2 kali dalam sehari disebut mampu menurunkan kadar gula darah.

2. Mentimun

Mentimun bisa membantu penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula darah, Mengkonsumsi banyak serat seperti yang ada di dalam mentimun dapat menurunkan kadar gula darah. Serat bisa memperlambat tubuh mencerna karbohidrat dan gula.

3. Alpukat

Salah satu kandungan nutrisi yang ada dalam alpukat. Buah ini berperan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan berdampak baik pada penurunan kadar gula darah.

Menurut penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa menurunkan risiko sindrom metabolis yang mampu membantumenurunkan kadar gula darah sekaligus risiko diabetes.

Selengkapnya

Penulis: dewifarhanah
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved