Tribunners / Citizen Journalism

Kongres PSSI

PSSI dan Perannya Dalam Mempersatukan Bangsa Indonesia

Di Indonesia, olahraga juga telah terbukti menyatukan pihak-pihak yang berbeda pandangan dalam politik.

PSSI dan Perannya Dalam Mempersatukan Bangsa Indonesia
HandOut/Istimewa
Ketum PKPI, Diaz Hendropriyono. 

Oleh: Diaz Hendropriyono

Ketua Umum PKPI

Pendiri gerakan #dengaryangmuda

Mundurnya Edy Rahmayadi dari kursi Ketua Umum PSSI memberi angin segar bagi adanya regenerasi kepemimpinan organisasi olahraga paling populer di Indonesia, sepakbola.

Ketua Umum PSSI nantinya harus memiliki dua kualitas penting. Pertama, kemampuan manajemen organisasi yang mumpuni, terkait besarnya potensi sepakbola nasional.

Olahraga secara umum memiliki kontribusi yang luar biasa besar bagi ekonomi. Sebuah studi yang melihat kontribusi olahraga di Amerika Serikat mendapati bahwa olahraga berkontribusi sekira 60 miliar dolar AS pada tahun 2014 dan diprediksi mencapai 73.5 miliar dolar AS pada tahun 2019 (Data dari Forbes)

Di Inggris, sepakbola sendiri berkontribusi 3.4 miliar Poundsterling dan mempekerjakan lebih dari 100 ribu orang.

Walaupun saat ini belum terdapat penghitungan yang komprehensif mengenai sumbangan sepakbola terhadap PDB nasional Indonesia, tapi kita bisa melihat dari besarnya jumlah animo masyarakat dengan besarnya jumlah penonton, relatif berjalannya turnamen-turnamen dan pertandingan baik di Liga nasional maupun di level daerah-daerah, maka sepakbola diyakini memiliki efek besar bagi perekonomian nasional.

Selain itu, kemampuan manajemen organisasi akan meliputi kemampuan meraba, membaca dan merangkul faktor-faktor eksternal yang memiliki efek besar bagi PSSI, seperti lansekap politik, regulasi yang mempengaruhi sepakbola, maupun perubahan trend dunia.

Kualitas kedua yang harus dimiliki oleh Ketua Umum PSSI ke depan, dan mungkin merupakan kualifikasi terpenting yang dibutuhkan saat ini, adalah kemampuan menjadikan sepakbola sebagai alat pemersatu bangsa.

Halaman
123
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved