Tribunners / Citizen Journalism

Wadidaw

Kenapa Genre Horor Menarik Untuk Disaksikan?

Horor menjadi salah satu genre yang difavoritkan banyak orang. Bahkan, ada yang rela mengikuti satu franchise film horor tertentu.

Kenapa Genre Horor Menarik Untuk Disaksikan?
pophoror.com
Poster film Happy Death Day 2U yang akan tayang 14 Februari 2019. 

Horor menjadi salah satu genre yang difavoritkan banyak orang. Bahkan, ada yang rela mengikuti satu franchise film horor tertentu agar merasakan sensasi menegangkannya.

Tapi, kenapa sih genre horor itu menarik untuk disaksikan? Lalu mengapa orang suka menonton film horor? Padahal kalau dipikir-pikir, kita membayar menonton film itu hanya untuk ditakut-takuti, lho!

Nah, menurut Dr. Glenn Walters dalam Journal of Media Psychology, ada tiga faktor utama yang membuat film horor memikat.

Pertama, ketegangan yang dihasilkan oleh suasana menegangkan, misteri, dan juga teror. Lalu, relevansi atau hal yang mungkin berhubungan dengan pribadi relevansi, kebermaknaan budaya, ketakutan terhadap kematian, dan lainnya.

Terakhir, yaitu tidak realistis. Walters merujuk pada sejumlah studi psikologis untuk mendukung argumennya.

Selain berdasarkan jurnal tersebut,, kaum milenial juga punya alasan tersendiri mengapa horor menjadi genre yang menarik untuk disaksikan, seperti menurut Ervita Medina (18). Baginya, menyaksikan film bergenre horor itu seru dan bisa melatih mental juga.

Selain itu, alur cerita dari sebuah film horor biasanya mengandung plot twist yang berisi misteri. Hal itu lah yang membuat Adri Dwipa (20) tertarik untuk menyaksikan film horor. “Karena misteri buat mengungkap penyebab horornya itu bikin penasaran,” ucapnya.

Ekspresi ketakutan.
Ekspresi ketakutan. (journal.sociolla.com)

Sensasi ketika menyaksikan film horor memang begitu terasa dan dapat membuat jantung berdetak lebih cepat.

“Saya suka genre horor karena biar deg-degan seperti ketemu gebetan,” tutur Neneng Hasanah (20).

 Naufal Dwihimawan (21), pria yang memiliki kepekaan terhadap sosok-sosok horor ini mengatakan, “Seru, penasaran dan kebetulan diberi kelebihan untuk ‘peka’ jadi ya ingin tahu aja bagaimana ‘mereka’.”

Halaman
12
Editor: Content Writer
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved