Tribunners / Citizen Journalism

Letjen Doni Bertanya: Mau Pindah ke Planet Lain?

“Saya menyebut (pemanasan global ini) dengan istilah gosong. (Artinya) global warming bukan omong kosong!” ungkap Doni tegas.

Letjen Doni Bertanya: Mau Pindah ke Planet Lain?
Ist/Tribunnews.com
Presiden ke-1 Timor Leste, Xanana Gusmao bersama Kepala BNPB, Doni Monardo. 

Catatan Egy Massadiah

TRIBUNNEWS.COM  - Bencana alam mulai dari gempa bumi, tsunami, hingga pemanasan global adalah realitas saat ini. Kesiagaan menghadapinya menjadi kunci meminimalkan korban jatuh.

Faktor penting, menjaga dampak akibat bencana, apapun penyebabnya. Sebab, jika alam-bumi sudah rusak, tidak mungkin manusia pindah ke planet lain, bukan?

Kepala BNPB Doni Monardo menyentilkan pertanyaan "kepindahan ke planet lain" tersebut dalam Rapat Kordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Senin (4/3/2019) di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Mantan Danjen Kopassus itu, menyoroti perlunya manusia memiliki pengetahuan dan kesiapan yang cukup untuk menghadapi bencana.

Dalam kasus pemasanasan global misalnya, Doni mengemukakan istilah ‘Gosong’ yang menyinggung bahwa naiknya suhu bumi bukanlah isu belaka.

“Saya menyebut (pemanasan global ini) dengan istilah gosong. (Artinya) global warming bukan omong kosong!” ungkap Doni tegas.

Baca: Cerita Tentang Doni Monardo dan Toyota Corolla Bekasnya

Doni menyampaikan bahwa kunci menghadapi bencana adalah dengan menyadari: faktor sikap dan perbuatan manusia.

Bencana yang datang dan banyak merenggut korban serta kerusakan alam umumnya berawal dari ulah manusia sendiri.

Abai Tata Ruang

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved