Blog Tribunners

Waspadai Gejala Nyeri Sendi Pada Tumit

Rasa nyeri yang terjadi pada tumit merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi.

Waspadai Gejala Nyeri Sendi Pada Tumit
Shutterstock
Ilustrasi nyeri sendi 

TRIBUNNERS - Rasa nyeri yang terjadi pada tumit merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi.

Hal ini biasanya dapat terjadi secara bertahap dan akan semakin buruk dari waktu ke waktu jika tidak ditangani dan diobati secara cepat dan tepat.

Pada saat anda menempatkan berat badan pada tumit anda, rasa sakit ini akan muncul dan bisa dibilang yang paling parah. Dalam banyak kasus yang terjadi, kemungkinan hanya sedikit bagi mereka yang mengalami rasa sakit pada kedua tumit nya.

Rasa sakit ini akan semakin bertambah parah ketika di pagi hari, atau pada saat anda pertama kali melangkah setelah berdiam diri. Akan tetapi, anda akan merasa lebih baik pada saat anda sudah berjalan, walaupun bila anda berdiri atau berjalan terlalu lama akan membuat sakit menjadi lebih parah.

Apa Saja Penyebab Nyeri Tumit ?

Secara umum, nyeri pada tumit sering disebabkan oleh plantar fasciitis, kondisi medis ini dimana plantar fascia mengalami penebalan dan juga kerusakan. Bagi anda yang belum mengetahui plantar fascia, yaitu merupakan jaringan fleksibel dan juga tebal yang menghubungka tulang tumit dengan tulang-tulang lainnya di telapak kaki.

Selain plantar fasciitis, terdapat juga beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan munculnya nyeri tumit seperti, sering beraktivitas dengan posisi berdiri, mengenakan alas kaki dengan sol yang rata, serta obesitas.

Penyebab dari nyeri tumit ini tidak hanya oleh plantar fasciitis saja, berikut ini adalah penyebab lain dari nyeri tumit, diantaranya :

- Penyakit sever,

- Tarsal tunnel syndrome,

Halaman
12
Penulis: Alit Kurniawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved