Blog Tribunners

Inilah Makanan yang Bisa Memperlancar ASI

Makanan untuk memperbanyak ASI sangat dibutuhkan oleh ibu sesudah melahirkan, terutama ibu yang memberikan ASI eksklusif

Inilah Makanan yang Bisa Memperlancar ASI
Timesofisrael
Ilustrasi ibu hamil. 

TRIBUNNERS - Makanan untuk memperbanyak ASI sangat dibutuhkan oleh ibu sesudah melahirkan, terutama ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya.

Tidak hanya memperbanyak, ibu juga memerlukan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI.

Jika moms, belum tahu makanan apa saja yang bisa menyuburkan ASI. Informasinya akan kami bagikan di sini.

Inilah Makanan Yang Bisa Menyuburkan ASI

1. Pepaya

Tidak hanya buah pepayanya yang baik untuk ibu menyusui, tetapi seluruh bagian dari pohon ini bermanfaat untuk memperbanyak ASI. Pada buah dan bunga pepaya terdapat vitamin A, vitamin C, kalsium, asam folat, dan enzim papain. Enzim tersebut dapat membantu proses pencernaan protein.

Selain itu, buah pepaya juga memiliki banyak cairan yang dapat mencukupi kebutuhan cairan ketika memproduksi ASI.

2. Daun kemangi

Daun kemangi mengandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk produksi ASI dalam jumlah banyak. Selain itu, kemangi juga dapat menenangkan, mencegah sembelit dan meningkatkan nafsu makan ibu yang sedang menyusui.

3. Bayam

Terkenal sebagai makanan penambah zat besi, bayam dapat membantu pembentukan sel darah merah pada ibu menyusui.

Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein, dan berbagai macam mineral. Ditambah lagi bayam mengandung enzim phytoestrogens seperti pada daun kemangi yang berguna untuk menghasilkan ASI.

4. Pare

Meskipun memiliki rasa yang pahit, pare ternyata kaya akan nutrisi dan vitamin. Pare memiliki kandungan vitamin K, likopen, fitokimia liutein, dan antioksidan. Terlebih lagi, pare dapat digunakan untuk memperbanyak produksi ASI. Jadi, tidak hanya memperbanyak produksi ASI, pare juga bermanfaat untuk buah hati.
 

 

Selengkapnya

Penulis: tinah sutinah
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved